MOTIVASI SUBSCRIBER DALAM MENONTON CHANNEL YOUTUBE GADGETIN

Sidiq Setyawan, Rizky Andika Putra

Abstract


Kajian motif menonton atau mengonsumsi konten Youtube merupakan dorongan yang menggerakkan seseorang dan bersumber pada suatu kebutuhan yang harus dipenuhi, jadi motivasi itu muncul dari kesadaran diri sendiri dengan tujuan secara esensial yang didapatkan dengan menonton channel Youtube tertentu dalam hal ini GadgetIn. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana motivasi menonton channel GadgetIn oleh subscriber ditinjau dengan pendekatan teori motivasi yaitu passing time, enjoyment, relaxation, information, dan excitement. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menemukan hasil yakni adanya keterkaitan dengan motivasi enjoyment, relaxation, dan excitement. Motif lain seperti companionship, social interaction, dan escape bukanlah merupakan motif yang menjadikan mereka melihat kanal Youtube tersebut. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa passing time tidak menjamin bahwa pengguna media sosial akan mendapatkan kepuasan didalamnya tanpa menemukan apa yang mereka butuhkan atau cari. Sedangkan motif companionship, social interaction atau tentang percakapan, ekspresi ide yang spontan dan informal, menempati ruang dalam baik pikiran partisipan maupun dalam ranah sosial yang telah diberikan ruang oleh Youtube dengan kolom komentar disetiap videonya tidak menjadikan suatu yang terlalu diminati oleh para subscriber dari channel Youtube GadgetIn.

Keywords


Motivasi, Youtube, Subscriber, Uses and Gratification, GadgetIn

Full Text:

PDF

References


Aini, N., & Nanda, S. E. (2020). Pengaruh Kualitas

Informasi Dan Pemenuhan Kebutuhan

Informasi Pada Youtube Channel

“Gadgetin” Terhadap Keputusan Pembelian

Gadget. Scriptura, 9(2), 43–50.

Https://doi.org/10.9744/scriptura.9.2.43-50

Budhijanto, D. (2014). Peran Hukum

Telekomunikasi Terhadap Implikasi

Konvergensi Teknologi Informasi Dan

Komunikasi. Jurnal Dinamika Hukum,

(1), 134–150. Retrieved from

http://dinamikahukum.fh.unsoed.ac.id/inde

x.php/JDH/article/view/283

Chiu, C. M., Hsu, M. H., & Wang, E. T. G. (2006).

Understanding knowledge sharing in virtual

communities: An integration of social

capital and social cognitive theories.

Decision Support Systems, 42(3), 1872–

Https://doi.org/

1016/j.dss.2006.04.001

Faliha, A. (2020). Punya 5,17 Juta Subscriber di

Youtube, Ini 7 Fakta David gadgetin.

Retrieved September 24, 2020, from

Merdeka.com website:

https://www.merdeka.com/jabar/punya517-juta-subsciber-di-Youtube-ini-7-faktadavid-gadgetin.html

Fida Rahman, A. (2019). Mengenal David Brendi,

Sosok di Balik gadgetin. Retrieved April

, 2021, from Detik Inet website:

https://inet.detik.com/cyberlife/d4408978/mengenal-david-brendi-sosok-dibalik-gadgetin

Lanius, C. (2011). Youtube Commentary: Social

Interaction in Online Publics. Eagle

Feather, 8,

Https://doi.org/https://doi.org/10.12794/

tef.2011.143

Mellyaningsi, A. (2016). Channel, Motif Subscriber Youtube Raditya.

JURNAL E-KOMUNIKASI, 4(1), 2–12.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian

Kualitatif (38th ed.). Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Oh, S., & Syn, S. Y. (2015). Motivations for sharing

information and social support in social

media: A comparative analysis of

Facebook, Twitter, Delicious, Youtube, and

Flickr. Journal of the Association for

Information Science and Technology,

(10), 2045–2060.

Https://doi.org/10.1002/asi.23320

Pendit, P. L. S. (2008). Perpustakaan digital dari A

sampai Z. Jakarta: Cita Karyakarsa

Mandiri.

Sari, N. (2016). Motif Audiens Dalam Menonton

Program Acara Berita Islami Masa Kini Di

Trans TV (Studi Pada Remaja Masjid Nurul

Huda di Kelurahan Baqa Kecamatan

samarinda seberang). Ejournal Ilmu

Komunikasi, 4(1), 200–214.

Tubbs, S. L. (2005). Human communication /

Stewart L. Tubbs, Sylvia Moss ;

penerjemah, Deddy Mulyana, Gembirasari

(4th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people

use social media: a uses and gratifications

approach. Qualitative Market Research: An

International Journal, 16(4), 362–369.

Https://doi.org/10.1108/QMR-06-2013-




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.6.1.123-128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ