MOTIVASI SUBSCRIBER DALAM MENONTON CHANNEL YOUTUBE GADGETIN
DOI:
https://doi.org/10.24853/pk.6.1.123-128Keywords:
Motivasi, Youtube, Subscriber, Uses and Gratification, GadgetInAbstract
Kajian motif menonton atau mengonsumsi konten Youtube merupakan dorongan yang menggerakkan seseorang dan bersumber pada suatu kebutuhan yang harus dipenuhi, jadi motivasi itu muncul dari kesadaran diri sendiri dengan tujuan secara esensial yang didapatkan dengan menonton channel Youtube tertentu dalam hal ini GadgetIn. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana motivasi menonton channel GadgetIn oleh subscriber ditinjau dengan pendekatan teori motivasi yaitu passing time, enjoyment, relaxation, information, dan excitement. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menemukan hasil yakni adanya keterkaitan dengan motivasi enjoyment, relaxation, dan excitement. Motif lain seperti companionship, social interaction, dan escape bukanlah merupakan motif yang menjadikan mereka melihat kanal Youtube tersebut. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa passing time tidak menjamin bahwa pengguna media sosial akan mendapatkan kepuasan didalamnya tanpa menemukan apa yang mereka butuhkan atau cari. Sedangkan motif companionship, social interaction atau tentang percakapan, ekspresi ide yang spontan dan informal, menempati ruang dalam baik pikiran partisipan maupun dalam ranah sosial yang telah diberikan ruang oleh Youtube dengan kolom komentar disetiap videonya tidak menjadikan suatu yang terlalu diminati oleh para subscriber dari channel Youtube GadgetIn.References
Aini, N., & Nanda, S. E. (2020). Pengaruh Kualitas
Informasi Dan Pemenuhan Kebutuhan
Informasi Pada Youtube Channel
“Gadgetin” Terhadap Keputusan Pembelian
Gadget. Scriptura, 9(2), 43–50.
Https://doi.org/10.9744/scriptura.9.2.43-50
Budhijanto, D. (2014). Peran Hukum
Telekomunikasi Terhadap Implikasi
Konvergensi Teknologi Informasi Dan
Komunikasi. Jurnal Dinamika Hukum,
(1), 134–150. Retrieved from
http://dinamikahukum.fh.unsoed.ac.id/inde
x.php/JDH/article/view/283
Chiu, C. M., Hsu, M. H., & Wang, E. T. G. (2006).
Understanding knowledge sharing in virtual
communities: An integration of social
capital and social cognitive theories.
Decision Support Systems, 42(3), 1872–
Https://doi.org/
1016/j.dss.2006.04.001
Faliha, A. (2020). Punya 5,17 Juta Subscriber di
Youtube, Ini 7 Fakta David gadgetin.
Retrieved September 24, 2020, from
Merdeka.com website:
https://www.merdeka.com/jabar/punya517-juta-subsciber-di-Youtube-ini-7-faktadavid-gadgetin.html
Fida Rahman, A. (2019). Mengenal David Brendi,
Sosok di Balik gadgetin. Retrieved April
, 2021, from Detik Inet website:
https://inet.detik.com/cyberlife/d4408978/mengenal-david-brendi-sosok-dibalik-gadgetin
Lanius, C. (2011). Youtube Commentary: Social
Interaction in Online Publics. Eagle
Feather, 8,
Https://doi.org/https://doi.org/10.12794/
tef.2011.143
Mellyaningsi, A. (2016). Channel, Motif Subscriber Youtube Raditya.
JURNAL E-KOMUNIKASI, 4(1), 2–12.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian
Kualitatif (38th ed.). Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Oh, S., & Syn, S. Y. (2015). Motivations for sharing
information and social support in social
media: A comparative analysis of
Facebook, Twitter, Delicious, Youtube, and
Flickr. Journal of the Association for
Information Science and Technology,
(10), 2045–2060.
Https://doi.org/10.1002/asi.23320
Pendit, P. L. S. (2008). Perpustakaan digital dari A
sampai Z. Jakarta: Cita Karyakarsa
Mandiri.
Sari, N. (2016). Motif Audiens Dalam Menonton
Program Acara Berita Islami Masa Kini Di
Trans TV (Studi Pada Remaja Masjid Nurul
Huda di Kelurahan Baqa Kecamatan
samarinda seberang). Ejournal Ilmu
Komunikasi, 4(1), 200–214.
Tubbs, S. L. (2005). Human communication /
Stewart L. Tubbs, Sylvia Moss ;
penerjemah, Deddy Mulyana, Gembirasari
(4th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people
use social media: a uses and gratifications
approach. Qualitative Market Research: An
International Journal, 16(4), 362–369.
Https://doi.org/10.1108/QMR-06-2013-