ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KONFLIK RUSIA DAN UKRAINA DI CNN DAN CNBC INDONESIA

Muhammad Hasan Hasan Bisri, Isa Darwisy Subrata, Muhammad Iqbal Maulana, Yusach Ryadh Rasyid

Abstract


Banyak negara berpusat pada setiap kejadian konflik yang berada di Ukraina akibat Rusia menginvasi Ukraina. Alasan Rusia memulai invasinya ke Ukraina, karena hubungan yang dekat antara Ukraina dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa. Peristiwa tersebut ramai dibicarakan dalam pemberitaan, termasuk juga di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui framing (pembingkaian) berita pada konflik Rusia dan Ukraina. Teknik pengumpulan data melalui analisis teks pemberitaan yang ada di media online CNN Indonesia dan CNBC Indonesia tentang konflik tersebut. Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dengan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M yang digunakan untuk melihat realitas dibalik wacana dari media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembingkaian dalam dua berita dalam Konflik Rusia dan Ukraina di kedua media online yakni CNN Indonesia dan CNBC Indonesia lebih berkaitan dengan kronologi atau bagaimana (how), kenapa (why) yang diberitakan berkaitan dengan Konflik Rusia dan Ukraina.  Selain itu, walaupun kedua pemberitaan sama akan tetapi wartawan atau bagian redaksi memiliki sudut pandang yang berbeda satu sama lain. Maka dari itu cara penulisan pada setiap berita sedikit berbeda walaupun memberitakan hal yang sama. Pada kedua berita yang memiliki judul sama juga terdapat perbedaan dari segi strukturpada masing-masing berita tersebut.


Keywords


Representasi Politik, Konflik Rusia dan Ukraina, Framing

Full Text:

PDF

References


Almond, G, & G, Bingham P. (1976) Comparative Politics: A Developmental Approach. New Delhi, Oxford & IBH Publishing Company.

Cholis, N., & Wardiana, D. (2018). Manajemen strategi redaksi dan bisnis koran olahraga topskor dalam menghadapi persaingan dengan media

De Ornay, E. S., & Azizah, N. (2022). Kepentingan Keamanan Nasional Rusia Dalam Serangan Militer Terhadap Ukraina Tahun 2022. Communitarian: Jurnal Prodi Ilmu Politik, 4(1).La

Eriyanto. 2012. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Hall, S. (2020). The work of representation. In The applied theatre reader (pp. 74-76). Routledge.

Herman, A., & Nurdiansa, J. (2014). Analisis Framing Pemberitaan Konflik Israel-Palestina dalam Harian Kompas dan Radar Sulteng. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 154-168.

Manesah, D. (2016). Representasi Perjuangan Hidup dalam Film “Anak Sasada” Sutradara Ponty Gea. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif. 1(2), 179-189.

Muhammad, Ali. (2015). Selamat Datang Perang Dingin! Kepentingan Rusia Di Krimea Dan Ukraina Timur Dan Ketegangan Hubungan Dengan Barat. Insignia Journal of International Relations 2 (02): 01.

Paramitha, G. A., & Karim, A. A. (2022). Analisis Framing Berita Penembakan Jurnalis AS di Ukraina pada CNNIndonesia. com dan Sindonesws. com. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 376-383.

online di era konvergensi media. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(2).

Mulyana, D. D. (2002). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Lkis Pelangi Aksara.

Palombara, J. (2015). Interest groups in Italian politics (Vol. 2223). Amerika: Princeton University Press.

Satria, G. D., & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Garnier Sakura White dan Wardah White Secret. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 14(1), 93-119.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.6.2.247-259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ