POLA KOMUNIKASI DIGITAL PERUSAHAAN NASIONAL DAN MULTINASIONAL SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Selama pandemi Covid-19 banyak perusahaan nasional dan multinasioal menerapkan pembatasan kerja denan menerapkan work from home. Salah satu konsekuensinya akan membuat komunikasi dalam organisasi mengunakan aplikasi dan platform digital. Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan pola komunikasi dalam organisasi yang dilakukan melalui aplikasi atau platform digital. Penelitian ini difokuskan untuk menjelaskan pola komunikasi internal yang berlangsung dalam perusahaan. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian dilakukan di PT BHL perusahan nasional dan PT II perusahaan multinasional. Selain wawancara dan pengamatan, juga dilakukan penelusuran sumber sekunder berupa catatan aktivitas komunikasi dalam organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan di perusahaan nasional dan multinasional yaitu semua saluran atau bintang. Faktor yang menjadi pendukung ialah Hubungan yang personal, dan fleksibilitas. Secara praktis, efektifitas berkomunikasi pola bintang bisa membawa fleksibelitas yang dijalankan dapat membuat kinerja karyawan lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnus, S. H. (2018). Computer Mediated Communication (CMC), pola baru berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275-289. http://dx.doi.org/10.31332/am.v8i2.744
Devito A. Joseph. (2011). Komunikasi Antar Manusia Edisi Kelima. Terjemah. Maulana Agus. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Hardjana, Andre. (2016). Komunikasi Organisasi, Strategi dan Kompetensi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Hendarto, Yohanes Mega. (2020). Disrupsi Dunia Kerja di Normal Baru Diakses dari https://interaktif.kompas.id/baca/disrupsi-dunia-kerja-di-normal-baru
Kriyantono, Rackhmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta:Kencana Prenada Media.
Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Mungkasa, Oswar. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning Vol. 4 No. 2 (2020): Edisi Khusus Covid-19 - Juni 2020
Patton, Michael Quinn. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. 3rdEdition. Thousand Oaks. Sage Publications. Inc. California.
Nguyen, M. H., Gruber, J., Fuchs, J., Marler, W., Hunsaker, A., & Hargittai, E. (2020). Changes in Digital Communication During the COVID-19 Global Pandemic: Implications for Digital Inequality and Future Research. Social media+ society, 6(3), https://doi: 10.1177/2056305120948255 journals.sagepub.com/home/sms
Putri, A. V., & Irwansyah, I. (2020). Communication patterns and media technology role in organization and society during pandemic. The Journal of Society and Media, 4(2), 228-261. https://doi.org/10.26740/jsm.v4n2.p228-261
Samudro, Aderian. (2020). Ketahui Perbedaan Full Remote Work dan Work From Home, Diakses dari https://tirto.id/fKjQ
Sawitri, D. (2020) “Penggunaan Google Meet untuk Work From Home di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), pp. 13-21. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i01.161.
Wayne, P. R., & Faules, D. F. (2000). Komunikasi Organisasi. ROSDA, Bandung.
Wiesenfeld, B. M., Raghuram, S., & Garud, R. (1999). Communication patterns as determinants of organizational identification in a virtual organization. Organization science, 10(6), 777-790. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.1998.tb00081.x
Zito, M., Ingusci, E., Cortese, C. G., Giancaspro, M. L., Manuti, A., Molino, M., ... & Russo, V. (2021). Does the end justify the means? The role of organizational communication among work-from-home employees during the COVID-19 pandemic. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(8),
DOI: https://doi.org/10.24853/pk.6.2.231-246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
My Stats