BRAND AMBASSADOR ARTIS KOREA PADA E-COMMERCE DI INDONESIA

Diany Indriningtiyas

Abstract


Budaya Korea telah mengalami ekspansi yang cepat selama dua dekade terakhir dan menyebar ke seluruh dunia. Kehadirannya disambut pemirsa dari semua lapisan masyarakat dan memunculkan fenomena "Korean Wave", juga dikenal sebagai Hallyu. Fenomena Korean Wave begitu populer di seluruh dunia. Budaya pop Korea Selatan yang dikenal sebagai "Gelombang Korea" atau "Hallyu" telah menyebar ke Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia. Ini membuatnya populer di budaya Korea Selatan. Produk dari Korean Wave sudah tersedia dalam seri K-Drama, K-Film, K-Pop, K-Fashion, K-Food, dan K-Beauty. Peneliti melihat brand ambassador artis Korea di toko online di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model VisCAP dan mengumpulkan informasi dengan mengamati dan mewawancarai pengguna aktif e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak duta merek pada e-commerce Indonesia. Menurut temuan penelitian ini, duta merek artis Korea merupakan upaya e-commerce untuk meningkatkan penjualan dan kunjungan, dan bukan brand e-commerce itu sendiri. Brand ambassador sendiri memiliki indikator seperti visibility, kredibilitas, atraktif dan kekuatan. Dimana brand ambassador sangat penting untuk menciptakan citra merek perusahaan yang baik di masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah para informan yang diwawancarai oleh peneliti yang menyatakan bahwa brand ambassador artis Korea tidak mempengaruhi mereka dalam e-commerce karena mereka membeli secara online berdasarkan kebutuhan atau keinginan membeli mereka terutama ketika ada diskon karena tidak semua orang ketika mereka memiliki. Penghasilan yang diperlukan untuk berbelanja dan hanya melihat duta merek lokal tertentu untuk merek seperti kecantikan dan mode.

Kata kunci: Brand Ambassador, E-commerce, Korean wave


Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary & Philip, K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. (Alexander Sindoro dan Benyamin Molan (ed.); Jilid 1). Penerbit Prenhalindo.

Budiman, V., Loisa, R., & Pandrianto, N. (2019). Peran Brand Ambassador Pada Iklan Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Iklan Youtube LG G7 Thinq BTS). Prologia, 2(2), 546. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3743

Elekfino, P. V., & Suharna, J. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux Cair Melalui Minat Beli. JCA Ekonomi, 1(2), 521–529. https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jeco/article/view/95

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek : Planning dan Strategy. CV Penerbit Qiara Media.

Nancy, Goenawan, F., & Monica, V. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BRAND AMBASSADOR LANEIGE DALAM MODEL VisCAP Pendahuluan. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BRAND AMBASSADOR LANEIGE DALAM MODEL VisCAP, 8 No.2, 1–9.

Royan, F. M. (2004). Marketing Selebrities. PT Elex Media Komputindo.

Sadrabadi, Alireza Kamali Saraji, Mahyar Monshizadeh, M. (2018). Evaluating the Role of Brand Ambassador in Social Media. Journal of Marketing Management and Consumer Behaviour, 2(3), 54–70.

Schiffman, Leon, & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behaviour (Perilaku Konsumen) (Zoelkifli Kasip (ed.); 7th ed.). PT. Indeks.

Wijaya, R., & Winduwati, S. (2022). Peran Brand Ambassador Arya Saloka dan Amanda Manopo dalam Membangun Brand Awareness. Kiwari, 1(1), 164. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15687

Wong, J. (2010). Internet Marketing for Beginners. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.6.2.219-230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ