MEDIA DAN PEMASARAN POLITIK ANIES BASWEDAN DALAM PENYELENGGARAAN FORMULA E DI JAKARTA TAHUN 2022

Hendri Satrio, Siti Zuhro, Harmonis Harmonis

Abstract


Penyelenggaraan kejuaraan dunia Formula E di Jakarta tahun 2022 mendapat perhatian besar dalam pemberitaan media massa dan media sosial. Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta mendapatkan publisitas yang cukup besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media dan pemasaran politik Anies Baswedan dalam Penyelenggaraan Formula E di Jakarta tahun 2022. Penelitian ini menggunakan teori dan konsep seperti agenda setting, personal branding, strategi publisitas serta segmentasi untuk mengetahui fenomena pemasaran politik Anies Baswedan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan Uji triangulasi berdasarkan sumber dan informan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mulai dari perencanaan sampai penyelenggaraan, Formula E sarat dengan kepentingan politik. Anies Baswedan memasarkan citra dan rekam jejak politik sebagai pemimpin DKI Jakarta (product) dengan menyelenggarakan Formula E di Jakarta (price). Pull marketing Anies Baswedan memanfaatkan media dan publisitas terkait penyelenggaraan Formula E di Jakarta tahun 2022 untuk personal branding dirinya dengan menggunakan strategi tie-in publicity dan free ride publicity (promotion). Hasil pemetaan menunjukan bahwa narasi tujuan penyelenggaraan Formula E digunakan bukan hanya untuk membentuk citra Jakarta sebagai kota global yang ramah lingkungan, tetapi melalui unggahan di media sosial Anies Baswedan juga memposisikan dirinya sebagai kepala daerah yang mampu menyelenggarakan agenda internasional (place).


Keywords


Formula E Jakarta, Media Sosial, Pemasaran Politik, Personal Branding, Strategi Publisitas

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2019). Pesan Luar Biasa Anies Baswedan Untuk Orang Yang Pesimis Terhadap Formula E. Warta Ekonomi. Retrieved June 11, 2022 (https://wartaekonomi.co.id/read421373/pesan-luar-biasa-anies-baswedan-untuk-orang-yang-pesimis-terhadap-formula-e).

Akmal, J. (2022). Melalui Formula E, Anies Sukses ‘Pukul Mundur’ Ganjar Di Pilpres 2024. Republik Merdeka. Retrieved May 11, 2022 (https://politik.rmol.id/read/2022/06/06/536037/melalui-formula-e-anies-sukses-pukul-mundur-ganjar-di-pilpres-2024).

Alim, A. S., & D. E. Rahmawati. (2021). Komunikasi Politik Anies Baswedan Melalui Sosial Media Twitter. Jurnal Academia Praja 4(2):441–53.

Almukti, F., & Wahid, U. (2021). Pembingkaian Media Online Tentang Berita Anies Baswedan Resmi Terapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Di DKI Jakarta (Analisis Framing Robert N. Entman Pada Kompas.Com Dan Detik.Com Edisi 10 April 2020). Pantarei 5(2):1–6.

Alvionita, R. (2018). Representasi Situasi Sosial Dan Konstruksi Ideologi Dalam Pidato Pelantikan Anies Baswedan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 11(1):57. doi: 10.26858/retorika.v11i1.4994.

Ellora, D. A., & Girsang, L. R. (2018). Pemberitaan TGUPP Pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Dalam Framing Metrotvnews.Com Dan Viva.Co.Id. Jurnal Semiotika 12(2):115–33. DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i2.1713

Argenti, G. (2019). Islam Politik Di Indonesia: Transformasi Gerakan Sosial Aksi Bela Islam 212 Dari Gerakan Demonstrasi Ke Gerakan Kelembagaan Sosial, Politik Dan Ekonomi. Jurnal Politikom Indonesiana 4(2). doi: 10.35706/jpi.v4i2.3228.

Ulfa, A. (2018). Kemenangan Anies-Sandi Pada Putaran Kedua Pilkada DKI 2017-2022: Tinjauan Bauran Pemasaran Politik. Global. Journal of Global Komunika. 2:14–19.

Baswedan, A. (2022). Jakarta E Prix, Anies Baswedan: Tidak Ada Pawang Pawangan. Youtube CNN Indonesia. Retrieved June 11, 2022 (https://www.youtube.com/watch?v=x_-pUEYxTuk).

Bennett, W. L. (2004). Gatekeeping dan Press–Government Relations: A Multigated Model of News Construction. Pp. 283–314 in Handbook of Political Communication Research, edited by L. L. Kaid. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Bittner, A. (2011). Platform or Personality?: The Role of Party Leaders in Elections. Oxford University Press.

Burhani, A. N. (2016). Aksi Bela Islam: Konservatisme Dan Fragmentasi Otoritas Keagamaan. Jurnal Maarif Institute, 11(2).

Effendi, M. R., & Iqbal, S. (2020). Pertalian Agama Pada Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi 19(02). doi: 10.21009/jimd.v19i02.14528.

El Yana, K., Kristian, A., & Irawan, O. (2022). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN ANIES BASWEDAN DALAM MELAKSANAKAN KEBIJAKAN PSBB PROVINSI DKI JAKARTA. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 3. DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.5982

Fadilah, U. N., Haris, A. M., & Achmad, Z. A. (2020). Framing Media Online CNNIndonesia.Com Dan Detik.Com Mengenai Kebijakan Transisi Di DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi 3(2):1–17.

Fadillah, K. & Panji, P. (2019). Wholesale Coalition in a Sole Candidate Election: The Case of the 2018 Tangerang Regent Election. In Proceedings of the 1st International Symposium on Indonesian Politics, SIP 2019, 26-27 June 2019, Central Java, Indonesia. doi: 10.4108/eai.25-6-2019.2287994.

Fautanu, I., Buhori M, & Heri, G. (2020). Politik Identitas Dalam Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017: Perspektif Pemikiran Politik Nurcholish Madjid. Politicon : Jurnal Ilmu Politik 2(2). doi: 10.15575/politicon.v2i2.8146.

Ramadhan, F. A., & Setyastuti, Y. (2016). Personal Branding of Anies Baswedan Through Facebook And Twitter Account: Study Of Image Grid Analysis in Banjarmasin Society Aged 17 – 24 Years. Journal of Government and Politics 7(3):432–56. doi: 10.18196/jgp.2016.0037.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of business research, 69(12), 5833-5841. doi: 10.1016/j.jbusres.2016.04.181.

Gulati, G. J., Just, M. R., & Crigler, A. N. (2004). News Coverage of Political Campaigns. in Handbook of Political Communication Research, edited by L. L. Kaid. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Haboddin, M. (2012). Menguatnya Politik Identitas Di Ranah Lokal. Journal of Government and Politics 3(1):109–26. doi: 10.18196/jgp.2012.0007.

Hamad, I. (2004). Konstruksi Realitas Politik Dalam Media Massa: Sebuah Studi Critical Discourse Analysis Terhadap Berita-Berita Politik. Jakarta: Granit.

Hoegg, J., & Lewis, M. V. (2011). The impact of candidate appearance and advertising strategies on election results. Journal of Marketing Research, 48(5), 895-909. doi: 10.1509/jmkr.48.5.895.

Hollihan, T. A., Liang, S., Zou, Y., & Nguyen, H. (2021). A Comparative Study of Mediated Public Arguments on Trump’s Trade War in the United States and China. In Local Theories of Argument (pp. 276-282). Routledge

Igo, S. E. (2008). The Averaged American: Surveys, Citizens, and the Making of the Mass Public. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Kaid, L. L. (Ed.). (2004). Handbook of political communication research. edited by L. L. Kaid. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Kotler, P. (1999). Political Marketing: Generating Effective Candidates, Campaigns, and Causes. Pp. 3–18 in Handbook of Political Marketing, edited by B. I. Newman. Thousand Oaks, CA: Sage.

Krosnick, J. A., & Kinder, D. R. (1990). Altering the foundations of support for the president through priming. American Political Science Review, 84(2), 497-512.

Kumar, A., Bezawada, R., Rishika, R., Janakiraman, R., & Kannan, P. K. (2016). From social to sale: The effects of firm-generated content in social media on customer behavior. Journal of marketing, 80(1), 7-25. doi: 10.1509/jm.14.0249.

Lois, A. C., & Herieningsih, S. W. (2020). Hubungan Terpaan Berita Covid-19 Di DKI Jakarta Dan Kompetensi Komunikasi Anies Baswedan Dengan Tingkat Kepercayaan Masyarakat DKI Jakarta Kepada Anies Baswedan. Interaksi Online, 9(1), 187-195.

Mahardianto, B. (2022). Formula E Bisa Jadi ‘Senjata’ Anies Baswedan Menuju Kursi Presiden, Pengamat: Ada Sesuatu Yang... Warta Ekonomi. Retrieved June 10, 2022 (https://wartaekonomi.co.id/read417964/formula-e-bisa-jadi-senjata-anies-baswedan-menuju-kursi-presiden-pengamat-ada-sesuatu-yang).

McGraw, K. M. (2012). Political Impressions: Formation and Management. P. 408 in Improving Public Opinion Surveys: Interdisciplinary Innovation and the American National Election Studies, edited by J. H. Aldrich and K. M. McGraw. Princeton, NJ: Princeton University Press.

McNair, B. (2018). An Introduction to Political Communication. 2nd ed. edited by Rizal. Bandung: Nusa Media.

Medina, R. Z., Sánchez Cobarro, P. D. H., & Martínez, H. M. (2017). The importance of the" strategic game" to frame the political discourse in Twitter during 2015 Spanish Regional Elections. Communication & society, 30(3). doi: 10.15581/003.30.3.229-253.

Mirsan, A. (2022). Sudah Dikunjungi Presiden, Pengamat Ini Bilang Formula E Jadi Simbol Karir Politik Anies Baswedan. Fajar.Co. Retrieved May 10, 2022 (https://fajar.co.id/2022/05/16/sudah-dikunjungi-presiden-pengamat-ini-bilang-formula-e-jadi-simbol-karir-politik-anies-baswedan/2/).

Muslimah, I. (2017). Konstruksi Media Republika On-Line Terhadap Pidato Pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi 01(01).

Newman, B. I., & Perloff, R. M. (2004). Political Marketing: Theory, Research, and Applications1. In Handbook of political communication research (pp. 35-62). Routledge.

Nimmo, D. (2005). Komunikasi Politik, Komunikator, Pesan, Dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningsih, L. (2021). Dihadang PDIP Dan PSI, Anies Baswedan Lantang: Sama Sekali Enggak..... Warta Ekonomi. Retrieved May 21, 2022 (https://www.wartaekonomi.co.id/read357567/dihadang-pdip-dan-psi-anies-baswedan-lantang-sama-sekali-enggak).

Nurhamidah, D. (2018). Metafora Dalam Pidato Politik Anies Baswedan. Pp. 1–14 in Proceeding Universitas Pamulang.

Ociepka, B. (2018). Public Diplomacy as Political Communication: Lessons from Case Studies. European Journal of Communication 33(3). doi: 10.1177/0267323118763909.

Peterson, D. A. M. (2018). The Dynamic Construction of Candidate Image. Electoral Studies 54:289–96. doi: 10.1016/j.electstud.2018.04.012.

Pinontoan, N. A., & Wahid, U. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 Di Harian Kompas. Com Dan Jawapos. Com. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 12(1), 11-24.

Latuperissa, A. A. A. (2022). Pendekatan Public Relations Politik di Media Sosial dalam Pembentukan Citra Politik. Jurnal Public Relations (J-PR), 3(1), 9-17.

Prayogi, I. (2019). Populisme Islam Dan Imajinasi Politik Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Politeia: Jurnal Ilmu Politik 11(2). doi: 10.32734/politeia.v11i2.1083.

Refinchie, L., Vidyarini, T. N., & Wijayanti, C. A. (2021). Human Branding Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, pada Masa Pandemi COVID-19 di Media Sosial Twitter. Jurnal e-Komunikasi, 9(2).

Rogers, E. (2004). Theoretical Diversity in Political Communication. Pp. 3–16 in Handbook of Political Communication Research, edited by L. L. Kaid. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Safari, I. E., Kartinawati, E., & Wiryawan, H. (2022). Pembingkaian Berita Penyelenggaraan Formula E Jakarta Pada Program Aiman Kompas TV. Jurnal Assosiativ 1(1):1–10.

Sari, N. (2019). 3 Tujuan Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020. Kompas.Com. Retrieved May 20, 2022 (https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/20/20345891/3-tujuan-jakarta-jadi-tuan-rumah-formula-e-2020).

Sari, R. R. N., & Saleh, U. H. (2022). Pengamat Sebut Anies Baswedan Kecipratan Popularitas Dan Efek Elektoral Dari Gelaran Formula E. Suara.Com. Retrieved June 11, 2022 (https://www.suara.com/news/2022/06/07/200055/pengamat-sebut-anies-baswedan-kecipratan-popularitas-dan-efek-elektoral-dari-gelaran-formula-e).

Saridakis, C., Baltas, G., Oghazi, P., & Hultman, M. (2016). Motivation recipes for brand‐related social media use: A Boolean—fsQCA approach. Psychology & Marketing, 33(12), 1062-1070. doi: 10.1002/mar.20940.

Schweidel, D. A., & Moe, W. W. (2014). Listening in on social media: A joint model of sentiment and venue format choice. Journal of marketing research, 51(4), 387-402. doi: 10.1509/jmr.12.0424.

Sholikin, A. (2018). Gerakan Politik Islam Di Indonesia Pasca Aksi Bela Islam Jilid I , II Dan III. MADANI Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 10(1).

Sotirovic, M., & McLeod, J. M. (2004). Knowledge as understanding: The information processing approach to political learning. In Handbook of political communication research (pp. 375-412). Routledge.

Suryawati, I. (2021). Political Branding Gubernur Indonesia Melalui Media Sosial. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi 4(2):23–38.

Susanto, T., Muhamad, R. P. N., & Syamsuri, S. A. (2018). PEMBENTUKAN POSITIONING DENGAN VIDEO BACA# TWEETJAHAT PASANGAN ANIES-SANDI SEBAGAI STRATEGI POLITICAL MARKETING MELALUI SOSIAL MEDIA. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 35-45.

Susila, A. (2022). Pengamat: Formula E Bisa Kerek Elektabilitas Anies. CNN Indonesia2. Retrieved June 10, 2022 (https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220606192639-32-805576/pengamat-formula-e-bisa-kerek-elektabilitas-anies/amp).

Tambun, L. T. (2019). Mengapa DPRD DKI Setujui Anggaran Formula E? Berita Satu. Retrieved May 15, 2022 (https://www.beritasatu.com/megapolitan/569605/mengapa-dprd-dki-setujui-anggaran-formula-e).

Tapscott, D. (2008). Generation Expects. The Guardian (8 November).

Tarwiyati, P. A., & Sabardila, A. (2020). Bahasa Sarkasme Warganet dalam Berkomentar pada Akun Instagram@ Aniesbaswedan. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 4(2), 142-152. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3550

Al Ulya, K., & Mulyana, D. (2017). Personal Branding Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta dalam Meraih Citra Diri di Kalangan Masyarakat DKI Jakarta. Prosiding Hubungan Masyarakat, 364-368. DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7009

Weber, I., Garimella, V. R. K., & Teka, A. (2013). Political hashtag trends. In Advances in Information Retrieval: 35th European Conference on IR Research, ECIR 2013, Moscow, Russia, March 24-27, 2013. Proceedings 35 (pp. 857-860). Springer Berlin Heidelberg. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-642-36973-5_102

Wiryono, S. (2021). Formula E Jakarta: Untuk Di Mata Anies, Buntuk Prediksi Pengusul Hak Interpelasi. Kompas.Com2. Retrieved May 20, 2022 (https://megapolitan.kompas.com/read/2021/09/01/10393111/formula-e-jakarta-untung-di-mata-anies-buntung-prediksi-para-pengusul-hak?page=all#page2).




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.7.1.89-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ