STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM KAMPANYE MINIM SAMPAH
Abstract
Penelitian mengenai strategi komunikasi lingkungan yang terkait dengan minim sampah/zero waste ini menggambarkan bagaimana bank sampah sebagai agen perubahan menjalankan fungsinya dalam mendiseminasikan gaya hidup minim sampah, yang bisa dimulai dengan rumah minim sampah. Bagaimana bank sampah mengajak masyarakat umum untuk memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup dengan fokus pada gaya hidup minim sampah. Studi ini mendasarkan diri pada kajian komunikasi lingkungan, di mana masalah sampah adalah masalah lingkungan hidup yang perlu dikomunikasikan secara kontinyu. Kampanye dan sosialisasi mengenai sampah perlu dilakukan secara masif dan lintas generasi. Peduli sampah sebagai bagian kepedulian akan perubahan iklim. Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui bagaimana strategi komunikasi lingkungan yang dijalankan oleh bank sampah dalam mengkampanyekan gaya hidup minim sampah. Penelitian dilakukan di kota Tangerang Selatan pada tahun 2022. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, bersifat deskriptif.. Pengumpulan data melalui observasi akun instagram bank sampah dengan daerah operasi di Tangerang Selatan, wawancara kepada pengurus bank sampah yang tergabung dalam Bank Sampah Tangerag Selatan, informan penelitian diambil secara purposive, triangulasi dilakukan wawancara dengan warga yang menjadi nasabah bank sampah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam strategi komunikasi lingkungan dijalankan oleh bank sampah di Tangsel, walaupun pelaksanaannya tidak selalu formal dan terstruktur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cox, R, Phedra C. & Pezzullo. 2016. “Environmental Communication and The Public Sphere”. GB: Sage Publication
Fatkhah, U., Winoto, Y., & Khadijah, U. L. S. (2020). Diseminasi informasi zero waste oleh Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1), 49-68. doi: http://dx.doi.org/10.24198/jkip.v8i1.26615
Flor, A. G. (2018). Komunikasi Lingkungan: Penanganan Kasus-kasus Lingkungan Melalui Strategi Komunikasi. Jakarta: Prenata Media.
Herutomo, C., & Istiyanto, S. B. (2021). Komunikasi Lingkungan Dalam Mengembangkan Kelestarian Hutan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(1), 1-13. doi: https://doi.org/10.32509/wacana.v20i1.1165
Johnson, B. (2013). The Ultimate Guide to Simplifying Your Life by Reducing Your Waste, Penguin Books, London.
Kadarisman, A. (2019). “Komunikasi Lingkungan: Pendekatan SDGs dan CSR” Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : kencana Prenada Media Group
Intan, T & Sri R. (2019). Kampanye Zero Waste Sebagai Gaya Hidup Pada Mahasiswa. DAYA-MAS : Media Komunikasi Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 4 Nomor 2.
Neuman, W. L. (2016). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi 7. Jakarta (ID): Indeks
Hadisaputro, D. F., & Hernawati, R. I. (2020). Sosialisasi Zero Waste Lifestyle Di Lingkungan Fakultas Ekomoni & Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 165-172. DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.100
Shahreza, M., Sarwoprasodjo, S., Arifin, H. S., & Hapsari, D. R. (2020). Komunikasi Lingkungan Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah di Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2). Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 23 No. 2, Desember 2020: 113-128. doi: https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.721
Swarnawati, A., Sinaga, A. B., Mudzamil, D., & Setiawati, I. B. (2023, April). Instagram as a Promotion Media for Waste Bank in Tangerang Selatan. In 1st International Conference on Research in Communication and Media (ICORCOM 2021) (pp. 50-58). Atlantis Press. DOI: 10.2991/978-2-38476-016-9_5
Wahyudin, Uud. 2017. Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common Vol.1 No.2, 130-134. DOI: 10.34010/COMMON.V1I2.576
Widiarti, I. W. (2012). Pengelolaan sampah berbasis zero waste skala rumah tangga secara mandiri. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan, 4(2), 101-113. DOI: https://doi.org/10.20885/jstl.vol4.iss2.art4
DOI: https://doi.org/10.24853/pk.7.1.77-88
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
My Stats