CROSS PROMOTION PROGRAM BERITA DALAM KONVERGENSI TELEVISI DAN MEDIA SOSIAL

Dwi Firmansyah, Alifiah Ghaniyyu Widyaningrum, Rika Jessica Rahma

Abstract


Dalam konvergensi media massa, penggunaan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan konten media membantu meningkatkan lalu lintas situs, membangun citra media massa, dan meningkatkan jangkauannya. Saat ini, mayoritas pemirsa muda dan dewasa televisi mendapatkan informasi terlebih dahulu dari media sosial. Itu sebabnya, sangat penting bagi media televisi untuk mempopulerkan dirinya dan program-programnya melalui media sosial. Metode promosi TV melalui media sosial yang paling efisien adalah personalisasi, hosting berita di media sosial, memposting materi video, audio dan foto, siaran langsung, komunikasi langsung dengan pembaca jejaring sosial. Pengelola newsroom atau redaksi media mengapresiasi tren positif penggunaan media sosial karena membantu mempromosikan informasi program berita yang akan ditayangkan dan meningkatkan kesadaran pemirsa terhadapnya.

Teori yang mendukung penelitian ini adalah konvergensi kontinum. Model ini berfungsi sebagai instrumen untuk mendefinisikan dan mengevaluasi tahapan proses konvergensi yang terjadi dalam suatu ruang berita, dan bukan untuk menilai keberhasilan suatu ruang berita. Lima tahap tersebut terdiri atas tahap cross promotion, cloning, coopetition, content sharing, full convergence.

Studi kasus ini memfokuskan pada tahapan cross promotion, yaitu bagaimana pengelola newsroom televisi saling mempromosikan konten berita “Jokowi Mantu: Pernikahan Kaesang dan Erina” melalui media sosial dan sebaliknya program berita yang tayang di media sosial juga dipromosikan di televisi. Hasil penelitian menunjukkan promosi silang dilakukan dengan menggunakan foto, video, ads lips, yang dipublikaskan pada program liputan 6 SCTV, akun resmi media sosial Liputan 6 dan media sosial pribadi presenter.


Keywords


Konvergensi; Televisi; Media Sosial; Cross Promotion

Full Text:

PDF

References


García-Avilés, J. A. (2020). Reinventing Television News: Innovative Formats in a Social Media Environment (Issue August). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030- 36315-4_11

Creswell, John W. (2021). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Penerbit Pustaka Pelajar

Hofmann, J., & Klimmt, C. (2017). "I'm Looking Forward To The Next Episode": The Cross-Promotion Of Linear TV Shows On Facebook. International Journal On Media Management, 19(1), 51-70

Keller, K.L. (2016). “Handbook of Marketing Strategy”. Edward Elgar Publisher.

Kim, Y., & Kim, Y. J. (2018). Cross-Promotion Between Television And Social Media: A Study Of The Effects Of Twitter-Based Cross-Promotion On Television Viewing Behavior. Computers In Human Behavior, 79, 1-10.

Meese, J., & Hurcombe, E. (2020). Facebook , news media and platform dependency : The institutional impacts of news distribution on social platforms. https://doi.org/10.1177/1461444820926472

Natale, S. (2018). Convergence, Cross-Promotion, And The Role Of Social Media In Contemporary Television Industries. International Journal Of Digital Television, 9(1), 33-48.

Peetz, J., & Reimer, T. (2017). “Selling the hit: Network branding and cross-promotion in the television industry. Television & New Media”

Vandevelde, A. (2011). Cross-Promotion On Television: A Content Analysis Of Commercial Breaks In The Flemish Television Market. Journal Of Advertising Research, 51(1), 76-91.

Veronika, V., & Raharjo, A. E. (2021). Profiling news consumption on social media. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(4), 320–334. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i4.3794

Welbers, K., & Opgenhaffen, M. (2019). Presenting News on Social Media: Media logic in the communication style of newspapers on Facebook. Digital Journalism, 7(1), 45–62. https://doi.org/10.1080/21670811.2018.1493939

Yoedtadi, M. G., Ronda, A. M., & Wahid, U. (2021). Television and Social Media Convergence (Convergence Continum and Journalistic Convergence Analysis at Indosiar). Asian Research Journal of Arts & Social Sciences, 14(3), 56–72. https://doi.org/10.9734/arjass/2021/v14i330241




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.7.1.115-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ