HUMAS PEMERINTAH DAN TRANSPARANSI INFORMASI UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK

Chelsea Uly Artha Pandiangan, Eny Ratnasari

Abstract


Humas pemerintah memiliki tugas untuk menjaga kepercayaan publik. Salah satu taktik terbaik yang dapat dilakukan adalah melakukan komunikasi yang transparan melalui kanal resmi yang dimiliki institusi. Komunikasi yang transparan ini tercermin dalam informasi yang dipublikasikan. Untuk itu, Humas Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Magelang berupaya menjalankan tugas tersebut dengan baik. Dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menguraikan alur liputan Humas Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Magelang. Data penelitian didapatkan dengan sumber data primer dengan wawancara dan observasi serta data sekunder melalui studi pustaka. Hasil penelitian menemukan bahwa Humas Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Magelang menyuguhkan informasi yang berkualitas bagi publiknya. Dalam meramu informasi yang berkualitas, tim liputan memiliki alur peliputan berita yang disesuaikan dengan kebutuhan institusi yakni mengedepankan prinsip transparansi informasi. Alur peliputan dimulai dari: (1) Penemuan ide liputan; (2) Riset Topik; (3) Mempertimbangkan penting tidaknya kegiatan untuk diliput, apakah Kepala Bidang Informasi Publik menerima informasi dari pusat jika ada kegiatan yang harus diliput, apakah kegiatan mewakili kepentingan banyak orang, apakah sudah sesuai dengan tujuan untuk melakukan transparansi informasi kepada publik; (4) Menentukan narasumber, lokasi liputan, waktu pelaksanaan, serta strategi/pendekatan yang digunakan dalam peliputan; (5) Mempertegas pembagian jobdesk untuk tim liputan yang terdiri dari 3 orang; (6) Meliput kegiatan sesuai rencana; (7) Penyuntingan hasil liputan; (8) Hasil liputan diajukan ke Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik untuk disetujui; (9) Hasil liputan disetujui dan dipublikasikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi Humas Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Magelang agar dapat memutakhirkan standard operating procedure peliputan guna membangun kepercayaan pubik.            


Keywords


Humas Pemerintah; Kepercayaan Publik; Kota Magelang; Transparansi Informasi.

Full Text:

PDF

References


Aida, N. (2023). Langkah Kerja Jurnalistik Public Relations Organisasi Dakwah. Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(01), 49–64.

Anam, K., Puji Astuti, S., Hermintoyo, M., & Sri Puji Astuti, dan. (2022). Analisis Sarana Kohesi Leksikal dalam Teks Berita Humas di Website Kanwil Kemenag Jawa Tengah. In NUSA (Vol. 17, Issue 1).

Brown, A. J., Vandekerckhove, W., & Dreyfus, S. (2014). The relationship between transparency, whistleblowing, and public trust. In Research Handbook on Transparency (pp. 30–58). Edward Elgar Publishing Ltd. https://doi.org/10.4337/9781781007945.00008

Curtin, P. A. (1999). Reevaluating public relations information subsidies: Market-driven journalism and agenda-building theory and practice. Journal of Public Relations Research, 11(1), 53–90.

Dewabrata, A. M. (2010). Seri Jurnalistik Kompas; Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Penerbit Buku Kompas.

DiStaso, M. W., & Bortree, D. S. (2012). Multi-method analysis of transparency in social media practices: Survey, interviews and content analysis. Public Relations Review, 38(3), 511–514. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2012.01.003

Dozier, D. M. , & B. G. M. (1995). Evolution of the manager role in public relations practice. Journal of Public Relations Research, 7(1), 3–26.

Erkkilä, T. (2020). Transparency in Public Administration. In Oxford Research Encyclopedia of Politics. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190228637.013.1404

Fachruddin, A. (2017). Dasar-dasar produksi televisi: Produksi berita, feature, laporan investigasi, dokumenter dan teknik editing. Kencana.

Fahri, M. E., & Unde, A. A. (2018). Analysis of Government Public Relations Role and Function in Global Information Era at Legislative House Central Sulawesi Province. In Jurnal Komunikasi KAREBA (Vol. 7, Issue 2). https://sulteng.antaranews.com/berita/39791/proses

Fairbanks, J., Plowman, K. D., & Rawlins, B. L. (2007). Transparency in government communication. Journal of Public Affairs, 7(1), 23–37. https://doi.org/10.1002/pa.245

Hartati, S., & Anwar, K. (2023). Peran Humas Sebagai Fungsi Dokumentasi dan Publikasi Berita di MIN 3 Gunung Kidul. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 5(1), 91–107.

Holland, D., Krause, A., Provencher, J., & Seltzer, T. (2018). Transparency tested: The influence of message features on public perceptions of organizational transparency. Public Relations Review, 44(2), 256–264.

Issing, O. (2005). Communication, Transparency, Accountability: Monetary Policy in the Twenty-First Century Otmar Issing.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, (2010).

Knudsen, E., Dahlberg, S., Iversen, M. H., Johannesson, M. P., & Nygaard, S. (2022). How The Public Understands News Media Trust: An Open-Ended Approach. Journalism, 23(11), 2347–2363. https://doi.org/10.1177/14648849211005892

Komariah, K., & Subekti, P. (2016). Peran Humas dalam Pengembangan Pantai Pangandaran Sebagai Destinasi Ekowisata Melalui Kearifan Lokal Masyarakat Pangandaran. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 172–184. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n2.5

Kominfo. (2015). Peran Humas dalam Implementasi Goverment Public Relation. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/6134/peran+humas+dalam+implementasi+goverment+public+relation/0/berita_satker.

Kundeliene, K., & Leitoniene, S. (2015). Business Information Transparency: Causes and Evaluation Possibilities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 213, 340–344. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.548

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. In The SAGE Handbook of Applied Social Research Methods.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Moore, S. (2018). Towards a Sociology of Institutional Transparency: Openness, Deception and the Problem of Public Trust. Sociology, 52(2), 416–430. https://doi.org/10.1177/0038038516686530

Muslimin, K. (2019). Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial. UNISNU PRESS.

Musman, A., & Mulyadi, N. (2017). Jurnalisme Dasar: Panduan Praktis Para Jurnalis. Anak Hebat Indonesia.

Nasrullah, R. (2022). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Prenada Media.

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., & Novianti, E. (2022). Analisis Strategi Humas Pemerintahan Era Milenial dalam Menghadapi Tata Kelola Informasi Publik. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 6(2), 286. https://doi.org/10.24198/prh.v6i2.37095

Pratiwi, N. E., Mayopu, R. G., & George, N. H. (2015). Aktivitas Media Relations Humas Setda Kota Salatiga dalam Membentuk Berita Positif. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, 2(5), 330–345.

Priyatna, C. C., Prastowo, F. X. A. A., Syuderajat, F., & Sani, A. (2020). Optimalisasi Teknologi Informasi oleh Lembaga Pemerintah dalam Aktivitas Komunikasi Publik. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 114–127.

Qudratullah, Q. (2019). Konsep Jurnalisme Dakwah Dalam Mencegah Tindak Korupsi. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 16(2), 294. https://doi.org/10.19105/nuansa.v16i2.2642

Rani, N. L. R. M. (2013). Persepsi Jurnalis dan Praktisi Humas Terhadap Nilai Berita. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 83–96.

Ratnasari, E., Rahmat, A., & Prastowo, F. A. A. (2018). Peran Humas Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi. PRofesi Humas, 3(1), 21–38.

Rawlins, B. L. (2008). Measuring the relationship between organizational transparency and employee trust. Public Relations Journal, 2(2).

Rawlins, W. (2009). The Compass of Friendship: Narratives, Identities, and Dialogues. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452274874

Rice, R. E., & Atkin, C. K. (2012). Public Communication Campaigns. SAGE publications.

Rinaldi, M. R. (2018). Peran Humas dalam Mengelola Informasi dan Berita di Sekretariat DPRD Kota Palembang. Universitas Sriwijaya.

Ruslan, R. (2002). Manajemen Humas dan Komunikasi, Konsepsi, dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Saleh, R., Sultan, I., & Farid, M. (2015a). Pengetahuan Jurnalistik Pegawai Humas Pemerintah Dalam Kegiatan Publisitas. In Jurnal Komunikasi KAREBA (Vol. 4, Issue 1).

Santika, E. F. (2023, May 2). Survei Indikator Politik Atas Kepercayaan Masyarakat Terhadap Lembaga, TNI Masih Memimpin. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/02/survei-indikator-politik-atas-kepercayaan-masyarakat-terhadap-lembaga-tni-masih-memimpin

Siti Sarah Destyani, & Suherman, M. (2022). Komunikasi Humas Sekertariat Presiden Republik Indonesia Melalui Unggahan Foto Kegiatan Presiden Dalam Mencegah Berita Hoax. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.4095

Tolapa, M. (2018). Peran Press Release Sebagai Bentuk Penyebaran Informasi Publik di Bagian Humas Pemerintah Kota Gorontalo. Al Qisthi, VIII(2).

Goel, V. (2023, April 13). 6 qualities of an effective press release. LinkedIn. https://www.linkedin.com/pulse/6-qualities-effective-press-release-vibha-goel-content-writer-

Virajati, C., & Setianto, W. A. (2019). Kebijakan redaksi media dalam pemberitaan kehumasan (Analyzing editorial policy in public relations release). JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 21(1), 59–73.

Wahono, B. S. E. D. I. (2020). Rambu-Rambu Jurnalistik (Bagaimana Menulis Berita yang Layak Baca). Guepedia.

Wahyudi, S. E., Pinandito, A., & Saputra, M. C. (2017). Penilaian Kualitas Website E-Government Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dengan Dimensi e-GovQual (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Probolinggo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(2), 108–117. http://j-ptiik.ub.ac.id

Waluyo, D. (2018). Tinjauan standar kompetensi wartawan untuk meningkatkan kapasitas media dan profesionalisme. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 167–184.

Wulandari, S. (2019). Pengelolaan Media Online Website dalam Penyebarluasan Informasi Publik oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau Tahun 2016. JOM Fisip, 6(2).

Yulianti, R. (2020). Proses Penyuntingan Naskah Berita Eksternal di Humas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Yusuf, M. (2019). Implementasi Kebijakan Kode Etik Jurnalistik dalam Peliputan Berita Media Cetak pada Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 7(2), 171–181.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.7.2.155-168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ