PENGARUH PESAN KAMPANYE #TOLAKDENGANANGGUN TERHADAP SIKAP PERLINDUNGAN KERAHASIAAN DATA PRIBADI

Ghozali achmad, Dini Safitri, Vera Wijayanti Sutjipto, Kinkin Yuliaty SP, Nada Arina Romli

Abstract


Untuk menciptakan keamanan dalam bertransaksi secara online, masyarakat harus
mempunyai kesadaran dalam melindungi kerahasiaan data pribadi. Oleh karena itu
diperlukan kampanye bagi masyarakat untuk menciptakan kesadaran bagi masyarakat. Hal
ini kemudian menarik peneliti untuk membuat penelitian yang bertujuan untuk mengetahui
adakah pengaruh pesan kampanye #TolakDenganAnggun terhadap sikap perlindungan
kerahasiaan data pribadi pengikut akun Twitter @BankBCA. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran
kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah pengikut akun Twitter @BankBCA dengan
jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil uji regresi linear sederhana dalam penelitian
ini adalah Y = 4,689 + 0,416 X. Sementara nilai thitung sebesar 14,015 lebih besar dari
ttabel 1,664 yakni (14,015 > 1,664). Hal tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima yang berarti terdapat pengaruh pesan kampanye #TolakDenganAnggun terhadap
sikap perlindungan kerahasiaan data pribadi pengikut akun Twitter @BankBCA. Hasil uji
koefisien determinasi dapat diketahui bahwa nilai Rsquare = 0,667 (66,7%). Hal tersebut
menunjukan bahwa sikap perlindungan kerahasiaan data pribadi pengikut akun Twitter
@BankBCA sebesar 66,7% dipengaruhi oleh pesan kampanye #TolakDenganAnggun.
Kemudian 33,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian
ini.


Keywords


Pesan Kampanye, Sikap, Twitter

Full Text:

PDF

References


Anandra, Q., Uljanatunnisa, U., & Cahyani, I. P. (2020). Analisis Elaboration Likelihood Theory Pada Kampanye "Go Green, No Plastic" Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. KOMUNIKA, 9(2).

Adiwijaya, I. G. (2018). Kemudaan Penggunaan, Tingkat Keberhasilan Transaksi, Kemampuan Sistem Teknologi, Kepercayaan dan Minat Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(3). doi:https://doi.org/10.38043/jmb.v15i3.611

Anggono, A. T. (2021). Cybercrime dan Cybersecurity pada Fintech: Sebuah Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 5(2).

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, W. W., & Riskiyadi, M. (2022). Pesan Kampanye Non-Goverment Organization terhadap Permasalahan Sampah Plastik. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 13(3).

Dihni, V. A. (2021, Oktober 7). Retrieved from Databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/07/kerugian-akibat-kejahatan- siber-capai-rp-388-triliun-apa-saja-bentuknya

Ismail, H. A., & Purwani, T. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Indicators, 3(2).

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Approach. London: Pearson. Neuman, W. L. (2014). Basics of Social Research: Qualitative & Quantitative Approaches. Pearson: London.

Perwitasari, A. S. (2022, February 2). Retrieved from Keuangan Kontan: https://keuangan.kontan.co.id/news/bi-catat-transaksi-mobile-banking-tembus-rp- 388809-triliun-hingga-mei-2022

Richiyanti, S. (2020). Pengaruh Dan Penanganan Cybercrime Dalam Perkembangan Teknologi Informasi. Jurnal Kodifikasi, 2(2).

Rizaty, M. A. (2022, Februari 23). Retrieved from Dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-twitter-di-indonesia-capai-1845- juta-pada-2022

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business A Skill Bulding Approach. USA: John Wiley & Sons.

Simamora, D. L., & Lubis, E. E. (2019). Pengaruh Pesan Kampanye #GenZHeTikYuk! Terhadap Sikap Ramah Lingkungan Pengikut Akun Instagram @dutalingkunganpku. JOM FISIP.

Syafrikurniasari, N., & Widiani, S. P. (2020). Pengaruh Pesan Kampanye No Straw Movement di Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. Lugas.

Tri, O., Dheanda, M. Rafi & Pipit, D,. Inovasi Staycation dalam Bidang Digital Tourism dengan Memanfaatkan Teknologi IoT dan Virtual Reality. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi STI&K (SeNTIK) Volume 4 Nomor 1, 23 September 2020, ISSN : 2581-2327

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye (Edisi Revisi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.7.2.219-228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ