PENGARUH PESAN KAMPANYE #TOLAKDENGANANGGUN TERHADAP SIKAP PERLINDUNGAN KERAHASIAAN DATA PRIBADI
DOI:
https://doi.org/10.24853/pk.7.2.219-228Keywords:
Pesan Kampanye, Sikap, TwitterAbstract
Untuk menciptakan keamanan dalam bertransaksi secara online, masyarakat harusmempunyai kesadaran dalam melindungi kerahasiaan data pribadi. Oleh karena itudiperlukan kampanye bagi masyarakat untuk menciptakan kesadaran bagi masyarakat. Halini kemudian menarik peneliti untuk membuat penelitian yang bertujuan untuk mengetahuiadakah pengaruh pesan kampanye #TolakDenganAnggun terhadap sikap perlindungankerahasiaan data pribadi pengikut akun Twitter @BankBCA. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan penyebarankuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah pengikut akun Twitter @BankBCA denganjumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil uji regresi linear sederhana dalam penelitianini adalah Y = 4,689 + 0,416 X. Sementara nilai thitung sebesar 14,015 lebih besar darittabel 1,664 yakni (14,015 > 1,664). Hal tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak dan Haditerima yang berarti terdapat pengaruh pesan kampanye #TolakDenganAnggun terhadapsikap perlindungan kerahasiaan data pribadi pengikut akun Twitter @BankBCA. Hasil ujikoefisien determinasi dapat diketahui bahwa nilai Rsquare = 0,667 (66,7%). Hal tersebutmenunjukan bahwa sikap perlindungan kerahasiaan data pribadi pengikut akun Twitter@BankBCA sebesar 66,7% dipengaruhi oleh pesan kampanye #TolakDenganAnggun.Kemudian 33,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitianini.References
Anandra, Q., Uljanatunnisa, U., & Cahyani, I. P. (2020). Analisis Elaboration Likelihood Theory Pada Kampanye "Go Green, No Plastic" Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. KOMUNIKA, 9(2).
Adiwijaya, I. G. (2018). Kemudaan Penggunaan, Tingkat Keberhasilan Transaksi, Kemampuan Sistem Teknologi, Kepercayaan dan Minat Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(3). doi:https://doi.org/10.38043/jmb.v15i3.611
Anggono, A. T. (2021). Cybercrime dan Cybersecurity pada Fintech: Sebuah Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 5(2).
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, W. W., & Riskiyadi, M. (2022). Pesan Kampanye Non-Goverment Organization terhadap Permasalahan Sampah Plastik. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 13(3).
Dihni, V. A. (2021, Oktober 7). Retrieved from Databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/07/kerugian-akibat-kejahatan- siber-capai-rp-388-triliun-apa-saja-bentuknya
Ismail, H. A., & Purwani, T. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Indicators, 3(2).
Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Approach. London: Pearson. Neuman, W. L. (2014). Basics of Social Research: Qualitative & Quantitative Approaches. Pearson: London.
Perwitasari, A. S. (2022, February 2). Retrieved from Keuangan Kontan: https://keuangan.kontan.co.id/news/bi-catat-transaksi-mobile-banking-tembus-rp- 388809-triliun-hingga-mei-2022
Richiyanti, S. (2020). Pengaruh Dan Penanganan Cybercrime Dalam Perkembangan Teknologi Informasi. Jurnal Kodifikasi, 2(2).
Rizaty, M. A. (2022, Februari 23). Retrieved from Dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-twitter-di-indonesia-capai-1845- juta-pada-2022
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business A Skill Bulding Approach. USA: John Wiley & Sons.
Simamora, D. L., & Lubis, E. E. (2019). Pengaruh Pesan Kampanye #GenZHeTikYuk! Terhadap Sikap Ramah Lingkungan Pengikut Akun Instagram @dutalingkunganpku. JOM FISIP.
Syafrikurniasari, N., & Widiani, S. P. (2020). Pengaruh Pesan Kampanye No Straw Movement di Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. Lugas.
Tri, O., Dheanda, M. Rafi & Pipit, D,. Inovasi Staycation dalam Bidang Digital Tourism dengan Memanfaatkan Teknologi IoT dan Virtual Reality. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi STI&K (SeNTIK) Volume 4 Nomor 1, 23 September 2020, ISSN : 2581-2327
Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye (Edisi Revisi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.