MANAJEMEN KOMUNIKASI NANO INFLUENCER DI INSTAGRAM BERBASIS INTERAKTIVITAS

Binandari Binandari, Nani Nuraini Muksin

Abstract


Seiring berkembangnya teknologi, terutama internet, berkembang pula media sosial dengan berbagai platform yang memungkinkan orang untuk berinteraktifitas dengan dinamis. Platform Instagram melahirkan peran Influencer, yaitu seseorang atau akun yang dianggap memiliki kemampuan membentuk opini dan memberikan pengaruh pada pengguna lain dengan variasi topik yang ditayangkan. Tidak sedikit yang memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam Instagram untuk menjalin ikatan yang lebih kuat. Penelitian ini untuk mengetahui manajemen komunikasi nano influencer, yaitu influencer dengan jumlah pengikut yang tidak terlalu banyak tetapi memiliki komunitasnya sendiri dalam berinteraktifitas di instagram dan untuk mengetahui keunikan dan karakter komunikasi nano influencer dalam berinteraktifitas sehingga bisa dianggap sebagai seorang yang memiliki pengaruh. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, lebih lanjut disebut metode etnografi, dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap kegiatan instagram nano influencer selama periode waktu tertentu, untuk menguatkan pengamatan tersebut dilakukan juga wawancara terpisah terhadap nano influencer dan para pengikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi sangat diperlukan oleh influencer untuk bisa lebih mengoptimalkan interaktifitas dan memberikan hasil yang lebih besar manfaatnya dengan pengaruh yang mereka miliki. Berbagai karakter yang dimiliki influencer, memberikan keunikan tersendiri dalam platform Instagram dan setiap influencer mampu menghadirkan citra diri yang membedakannya dari influencer lain.


Keywords


nano influencer, interaktifitas, manajemen komunikasi

Full Text:

PDF

References


Budyatna, M. (2015). Teori komunikasi antarpribadi: Sebuah pengantar (Ed. 2). Jakarta: Prenadamedia Group.

Flew, T., & Smith, R. (2014). New media: An introduction (2nd Canadian ed.). Canada: Oxford University Press.

Griffin, E. M. (2012). A first look at communication theory (8th ed.). New York: McGraw Hill Publisher.

Iskandar. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kuswarno, E. (2009). Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya padjajaran

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2016). Theories of human communication (11th ed.). Illinois, USA: Wave Land Press, Inc.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan riset media siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana.

Nasrullah, R. (2017). Etnografi virtual. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurdin, A. (2020). Teori komunikasi interpersonal, disertai contoh fenomena praktis. Jakarta: Kencana.

West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar teori komunikasi, analisis dan aplikasi (Ed. 5). Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.8.2.251-262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ