FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI PERSUASIF SUSI PUDJIASTUTI DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENGONSUMSI IKAN
Abstract
Faktor-faktor komunikasi persuasif sangat penting dimiliki oleh seorang birokrat seperti Susi Pudjiastuti dalam hal ini ketika ia menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan. Hal ini dikarenakan faktor-faktor komunikasi persuasif tersebutlah yang akan membantu Susi Pudjiastuti dalam membangun kepercayaan kepada masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor-faktor komunikasi persuasif yang digunakan oleh Susi Pudjiastuti. Penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi praktisi komunikasi politik, dalam hal ini yaitu seorang birokrat. Dalam penelitian ini menggunakan variabel faktor-faktor komunikasi persuasif yang memiliki empat dimensi, yang terdiri atas pengertian dan kesinambungan suatu pesan, pengaruh lingkungan, kredibilitas sumber dan pesan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan memperoleh data melalui populasi yang merupakan masyarakat Indonesia dengan dibuat menjadi spesifik yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ dengan sampel berjumlah 40 orang, dengan menggunakan teknik penarikan sampel yakni probability sampling dengan teknik simple random samping yakni peneliti mengambil sampel secara acak namun tidak memerhatikan tingkatan dari responden. Data primer yang digunakan yaitu kuesioner yang dilakukan dengan membagikan google formulir kepada responden. Dalam analisis ini menunjukkan ada yang kurang dalam faktor-faktor komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Susi Pudjiastuti. Hal ini terlihat pada mean terendah, yaitu pengertian dan kesinambungan suatu pesan dengan indikator kharisma.
Kata Kunci: Birokrat, Faktor-faktor komunikasi persuasif, Kepercayaan, Susi Pudjiastuti
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24853/pk.3.2.117-125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
My Stats