PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS BUSANA HIJAB SYAR’I SI.SE.SA

Muhammad Iqbal Manshur

Abstract


Banyaknya industri busana hijab syar’i saat ini menjadi sebuah tantangan terbesar bagi Si.Se.Sa yang memposisikan dirinya sebagai busana hijab syar’i yang mewah dan berkualitas tinggi dengan harga yang tidak murah. Diperlukan cara-cara tertentu guna membangun kesadaran merek pada brand Si.Se.Sa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digital marketing dalam membangun brand awareness busana hijab syar’i Si.Se.Sa. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penentuan informan purposive sampling yang dipilih pada tiga kategori muslimah yang berbeda sebagai pengguna aktif internet dan penggemar fashion, yaitu informan pengguna busana hijab modern (non konsumen), informan pengguna busana hijab syar’i (non konsumen), informan pengguna busana hijab syar’i Si.Se.Sa. (konsumen) serta informan kunci dari PT. Sisesa. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengelompokkan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peran digital marketing Si.Se.Sa. pada brand busana hijab syar’i adalah sebagai media pemasaran yang dilakukan melalui media internet. Terdapat dua jenis media sosial yang berperan aktif dalam pemasaran yaitu Instagram dan Whatsapp yang dimanfaatkan untuk membangun brand awareness pada konsumen. Namun, aktivitas pemasaran yang dilakukan Si.Se.Sa. dalam penyebaran informasi belum terpenuhi secara keseluruhan kepada para pengguna aktif internet, mengingat terdapat pengguna media sosial yang belum aware terhadap brand Si.Se.Sa.

Keywords


Brand Awareness; Digital marketing; Hijab Syar’i

Full Text:

PDF

References


Bangun, Bella T. dan Eka, S.M. (2016). Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness pada Zalora Indonesia. E-proceeding of management Vol.2 No.2. Prodi Administrasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.

Baroroh, U., Cahyo, N. H. W., Afifah, N.G. (2017). Strategi Komunikasi Hijabers Semarang dalam Mensyiarkan Hijab pada Muslimah Muda di Semarang. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Semarang. UIN Walisongo Semarang.

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Effendi, M. (2010). Peranan Internet Sebagai Media Komunikasi. Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Vol. 4 No. 1 pp. 130-142.

Folkerts, J., Lacy S., Larabee A. (2008). The Media in Your Life: An Introduction to Mass Communication (4th ed.) Boston: Pearson Cavazza, F. Education Inc.

Kurnia, Septiawan S. (2005). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia 135-136.

Macdonald, Emma K., & Byron M. Sharp. (2000). Brand Awareness Effects on Consumer Decision Making for a Common, Repeat Purchase Product: A Replication. Journal of Business Research. 48: 5-15.

Nadya. (2016). Peran Digital Marketing Dalam

Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet

Murni. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. JRMB. Vol. 1, No. 2. 133-144. ISSN 2527-7502. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Attahiriyah.

Nursatyo, Dini R. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.com. Jurnal Ilmu Komunikasi Expose Vol. 1 No. 2.

Oktaviani, Femi dan Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas Vol. 3 No. 1. Universitas BSI. Bandung.

Putri, S.D. dan Fithrah, D. S. (2017). Pengaruh Online Marketing Campaign #samyangchallange terhadap Consumer Behavior Digital Natives Pengguna Youtube Indonesia. Jurnal Profesi Humas, 1 (2), 132-141.

Aaker, D A. (2012). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Jakarta: Mitra Utama. Spektrum.

Aaker, D A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi Ke-8. Jakarta: Salemba Empat.

Adisaputro, G. (2010). Manajemen Pemasaran Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Arifianto, S. (2018). Praktik Budaya Media Digital Dan Pengaruhnya. Yogyakarta. Aswaja Pressindo.

Berlo, K. David. (1960). The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Chaffey, D & PR Smith. (2008). Marketing Excellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing. UK: Butterworth-Heinemann.

Chaffey, Dave, Fiona E. Chandwick, R. Mayer & Kevin Johnston. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. 4. United States: Practice Hall.

Creswell, J.W. (2014). Research Design; Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Aprroaches. University Of Nebraska-Lincoln. Sage Publications, Inc. 2455 Teller Road, Thousand Oaks, California 91320.

Daymon, C. & Holloway, I. (2011). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications. Second Edition. USA and Canada. Routledge 2 Park Square, Milton Park, Abingdon, Oxon OX14 ARN.

Flew, T. (2014). New Media 4th Edition.

Oxford University Press. Australia.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran.

Jakarta: Erlangga.

Irwansyah. (2017). Komunikasi Bisnis. Jakarta:

Mitra Wacana Media.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aplikasi untuk Penelitian Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Manajemen, Sosial, Humaniora, Politik, Agama dan Filsafat. Jakarta. Gaung Persada Press.

Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity, 2nd Edition. Upper Saddle River (N.J.). Pearson Prentice Hall.

Kotler, P & Armstrong, G; Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. (1997). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P & Amstrong, G. (2004). Dasar-dasar

Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kotler, P & Armstrong, G. (2008). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jilid 2, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Keller, K.L. (2012). Marketing

Management, 14th Edition. United States of America: Pearson.

Kriyantono, R. (2012). Public Relations Writing: Teknik Produksi, Media Public Relations dan Korporat. Edisi Kedua. Jakarta. Prenadamedia Group.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kriyantono, R. (2015). Public Relations, Issue & Crisis Management. Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis dan Kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kusumastuti, Y. I. (2009). Komunikasi Bisnis: Membangun Hubungan Baik dan Kredibilitas. Bogor: IPB Press.

Mc Quail, D. (2011). Teori Komunikasi

Massa. . Jakarta: Salemba Humanika

Moriarty, S., Mitchell, N & Wells, W. (2011). Advertising Principles & Practice edisi ke-8. Jakarta: Kencana.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Mulyana, D dan Solatun. (2008). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mursito, BM. (2006). Memahami Institusi Media. Sebuah Pengantar. Surakarta: Lindu Pustaka.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. New York: Pearson.

Noegroho, H. (2010). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Sebagai Media Instruksional. Kasus pada Portal Pembelajaran e-dukasi.net bagi Siswa dan Guru di SMA Negeri 5 Bogor. Tesis. Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi

Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Priyatna, S. dan Ardianto. E. (2008). Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis. Bandung: Widya Padjadjaran.

Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ruslan, R. (2008). Metodologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Severin, W. J., Tankard dan James W.

(2005). Teori Komunikasi: Sejarah,

Metode dan Terapan di dalam Media

Massa. Jakarta: Predana Media.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salembat Empat.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Swasty, W. (2016). Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tasruddin, R. (2011). Strategi Periklanan dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. Makassar: Alauddin University Press.

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran.

Yogyakarta: Andi Offset.

Vivan, J. (2008). Teori Komunikasi.

Jakarta: Kencana.

Si.Se.Sa. High Quality Syar’i Clothes.

(19 April 2019). Tentang Si.Se.Sa.

https://www.sisesa.co.id/




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.2.113-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ