STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON LEGISLATIF TERPILIH DPRD TANGERANG SELATAN DALAM PEMILU TAHUN 2019 (FRAKSI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA)

Djoni Gunanto, Lusi Andriyani, Muhammad Sahrul

Abstract


 

Kegiatan kampanye merupakan bagian dari proses Pemilu yang dilakukan masing-masing calon legislatif untuk memasarkan visi dan misinya kepada pemilih. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai partai baru bergantung kepada media sosial guna mendukung strategi marketing politik dalam pembentukan citra dan upaya pengumpulan dukungan. Berdasarkan data penduduk, diperkirakan hampir 40 persen pemilih potensial merupakan pemilih pemula. Hal ini menjadi peluang bagi PSI untuk mendapatkan suara dari pemuda dan kalangan milenial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi komunikasi politik calon legislatif terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tangerang Selatan di tahun 2019 dari Fraksi PSI.  Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data malalui wawancara secara langsung dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik caleg PSI terpilih menggunakan Push Strategy yaitu mengkomunikasikan pesan anti intoleransi dan anti korupsi. Pull Strategy, penggunaan media baik media online maupun media massa. Pass Strategy, menggunakan jejaring partai dan elemen komunitas seperti tim pemenangan dari tingkat daerah dan cabang, serta komunitas non partai. Selain itu juga digunakan straegi melalui political branding dengan membuat tagline “muda, religius dan professional.”


Keywords


Kampanye; Komunikasi; Politik; Strategi

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwan. (2011). Komunikasi Politik, Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Bhayangkara, Rachmad Iqbal. (2019). Komunikasi Pemasaran Politik Partai Politik Baru di Indonesia (Studi Komunikasi Pemasaran Politik Partai Dengan Identitas Kepemudaan Pada Partai Solidaritas Indonesia). Thesis Universitas Airlangga: 1-16.

Mukarom, Zaenal. (2016). Komunikasi Politik, Cetakan Pertama. Bandung: Pustaka Setia.

Muslim, Mufti. (2013). Kekuatan Politik di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nasution, Rifdah Hayani. (2019). Strategi Marketing Politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Pada Segmentasi Pemuda Di Kota Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 6. Edisi I. Januari-Juni: 1-13.

Puji Leksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.

Putra, Aditya. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pihak Politik Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 3, No. 2, Agustus: 122-143.

https://psi.id/berita/content/apa-itu-psi diakses pada 20 Desember 2020.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.2.131-136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ