VISI ISLAMI PERGURUAN TINGGI SERTA PENERAPANNYA PADA AKTIVITAS KOMUNIKASI (STUDI PADA KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA)

Daniel Handoko, Mulkan Habibi, Ibrahim Arisa

Abstract


Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) merupakan amal usaha dalam aspek pendidikan yang dimiliki oleh salah satu organisasi massa terbesar di Indonesia, Muhammadiyah. Memiliki visi terkemuka, modern dan Islami pada tahun 2025, salah satu indikator yang harus dicapai UMJ untuk mewujudkan kampus Islami adalah penerapan komunikasi yang baik dalam menjalankan aktivitas pendidikan. Nilai-nilai ketakwaan bagi civitas akademika UMJ akan tercermin dari aktivitas komunikasi yang dijalankan antar sesama warga kampus dengan memperhatikan etika berdasarkan syari’at Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan komunikasi Islami yang dijalankan oleh civitas akademika  sebagai bentuk penerapan visi Islami kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, kemudian pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta sudah dilakukan dengan etika-etika Islami dalam proses pembelajaran di kelas dan kegiatan-kegiatan formal lainnya. Penerapan komunikasi Islam di lingkungan UMJ dilakukan melalui beberapa proses di antaranya melalui Peraturan Rektor tentang etika berkomunikasi, sosialisasi etika berkomuniaksi oleh dosen kepada mahasiswa. Pada prakteknya, proses pembelajaran selalu diawali dengan komunikasi Islami seperti membaca Basmalah, tadarus Alqur’an, penyampaian terjemahan Al-Qur’an dan ditutup dengan Hamdalah.

Keywords


Komunikasi; Islami; Visi

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemah. (2018). Yogyakarta: Gramasurya.

Arifin, B. (2013). Cerdas Berkomunikasi Ala Nabi Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Ibnu, Mukty H. (2013) Prinsip-Prinsip Komunikasi

dalam Islam. Jakarta: U Yunasa.

Kholil, S. (2007). Komunikasi Islam, Bandung: Citapustaka Media.

Kusnadi. (2014). Komunikasi dalam Al-Quran (Studi Analisis Komunikasi Interpersonal pada Kisah Ibrahim). Jurnal Intizal, Vol. 20, No. 2. 267-284.

Lubis, L. (2017). Penerapan Prinsip-prinsip Komunikasi Islam dalam Mensukseskan Program KB di Rantau Prapat Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Al- Balagh: Vol. 1 No. 2 Juli-Desember: 267-290.

Muhammad, A. (2011). Komunikasi Organisasi, Cet. XII. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslimah. (2016). Etika Komunikasi Perspektif Islam. Jurnal Sosial Budaya Vol.13 No. 2 Desember: 115 – 125.

Qudratullah. (2019) Fungsi Komunikasi Islam di Era Digital. Jurnal Tabligh, Vol. 20 No. 1. 56-67.

Riswandi. (2009). Ilmu Komunikasi Jakarta: Graha Ilmu Cetakan Pertama.

Saniah. (2018). Penerapan Prinsip-prinsip Komunikasi Islami oleh PT Ulfa Rizki Dalam Mensosialisasikan Ibadah Haji dan Umrah di Kota Medan. Jurnal Ansiru PAI. Vol. 2 No. 2 Juli-Desember: 145-159.

SK Rektor, Nomor 520 (2015). Catur Dharma UMJ

Statuta Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2015.

Syawir, M. (2014). Etika Komunikasi dalam Al-Qur’an dan Hadits. Dahlan Jurnal Dakwah Tabligh, Vol.15, No. 1, Juni: 115-123.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.2.137-144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ