POLA KOMUNIKASI DALAM METODE COACHING PEGAWAI RSUD R. SYAMSUDIN, SH KOTA SUKABUMI

Widiana Latifah, Nani Nurani Muksin

Abstract


Sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi pegawai, pimpinan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R. Syamsudin, SH Kota Sukabumi melaksanakan pembinaan pegawai dengan komunikasi antar pribadi yang dilaksanakan melalui metode coaching. Coaching merupakan penerapan gaya kepemimpinan transformasional diartikan sebagai kemitraan pada sebuah proses percakapan yang mendalam guna membangkitan pemikiran dan kreativitas dalam berpikir sehingga dapat memaksimalkan potensi dari dalam diri pribadi serta membangkitkan profesionalisme. Unsur-unsur komunikasi yang terdapat dalam metode coaching adalah komunikator (coach), pesan, media, noise, komunikan (coachee) dan umpan balik (feedback). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terdapat dalam metode coaching pegawai RSUD R. Syamsudin, SH Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antar pribadi, teori coaching dan teori pola komunikasi Osgood dan Schramm. Pendekatan kualitatif dipilih pada penelitian ini dan bentuk penyajiannya dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara dengan dua informan. Adapun teknik analisis data dilakukan pertama-tama dengan mereduksi data dilanjutkan dengan penyajian data dan mengambil sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan unsur-unsur komunikasi yang terdapat dalam metode coaching membentuk pola komunikasi sirkular karena merupakan komunikasi dua arah atau timbal balik, ditandai dengan adanya umpan balik atau feedback sebagai penentu keberhasilan sebuah komunikasi, yaitu terjadi arus komunikasi dari komunikan ke komunikator.


Keywords


Coaching; Komunikasi Antar Pribadi; Motivasi; Pola Komunikasi Sirkular

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, D. O. (2016). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.3 No.1.

Bacal, R. (2012). Performance Management. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Bozer, G., & Santora, J. (2015). Executive Coaching : Does Coach-Coachee Matching Based On Similarity Really Matter. https://doi.org/1065-9293/15/, 218–233.

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: Rajagrafindo Persada.

Creswell, J. W. (2016). Research Design:Pendekatan Metode Kualitatif,Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

DeVito, J. A. (2017). The Interpersonal Communications. USA: Pearson Education.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, U. O. (2014). Dinamika Komunikasi. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Fauziatunisa, H., Nuryanti, B. L., & Masharyono. (2018). Analisis Kemampuan Kerja, Coaching Dan Kinerja Karyawan: Studi Kasus Pada Karyawan PT.Sari Ater Hotel Dan Resort Subang. Journal of Business Management Education, 56-66.

Hasibuan Malayu, S. H. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurnia P. (2012). Coaching Yang Menumbuh-Kembangkan. Bandung: Pionir Jaya.

Lestari, I. D., Christina, M., & Kustanti, M. C. (2019). Pola Komunikasi Pengajar dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik di TalkInc School for Public Speaking And TV Presenter Jakarta. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 6 No. 1 Maret 2019, 13-24.

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2011). Teori Komunikasi : Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Lubis, M. S. (2017). Pengaruh Komunikasi Pimpinan Terhadap Peningkatan Semangat Kerja Karyawan Pada PT.(Persero) Pelabuhan I Medan . Jurnal Warta Edisi 51.

Lumentut, G. F., Pantow, J. T., & Waleleng, G. J. (2017). Pola Komunikasi Pemimpin Organisasi dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Anggota di LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Inovasi Unsrat. Acta Diurna Volume VI.

Mathias, R., & Jacson, J. (2011). Human Resource Management (G and T.U.S Britain,Ed) (13th Ed). USA: Kogan Page Limited.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analys : A Methods Surcebook. California: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muchtar, R. (2018). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putra, T. U. (2013). Pengaruh Komunikasi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja di Kabag Humas DPRD Provinsi Kalimantan Timur. eJournal Komunikasi, 249-259.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: PT.Alfabet.

Utrilla, P. C., Grande, F. A., & Lorenzo, D. (2014). The Effects of Coaching in Employees and Organizational Performance. Intangible Capital, 166-189.

West, R., & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory : Analys and Aplication. New York: McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.2.145-154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ