PENGARUH PROMOSI OFFLINE DAN ONLINE TERHADAP KEINGINAN UMKM UNTUK BERMITRA DENGAN SMESCO INDONESIA

Atajudin Nur, Astriana Baiti Sinaga, Cecep Effendi

Abstract


Promosi dapat dilakukan secara offline atau online guna menarik target market agar memilih produk yang ditawarkan serta untuk menarik target market bergabung menjadi mitra perusahaan.  Secara garis besar, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh promosi secara offline dan online yang dilakukan SMESCO Indonesia terhadap keinginan UMKM untuk bergabung menjadi mitranya. Penelitian ini bertujuan untuk; pertama, mengukur pengaruh promosi offline terhadap keinginan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bermitra dengan SMESCO Indonesia. Kedua, mengukur pengaruh promosi online terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan SMESCO Indonesia. Ketiga mengukur pengaruh promosi offline dan online terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan SMESCO Indonesia. Pendekatan penelitiannya adalah kuantitatif dengan metode survei terhadap 118 responden, sampel UMKM mitra SMESCO Indonesia sebagai objek, dengan memakai analisis regresi linier berganda. Hasilnya adalah pertama, terdapat pengaruh dari promosi offline terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan SMESCO Indonesia yang signifikan dengan tingkat signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Tanpa promosi offline tingkat keinginan bermitra UMKM rendah yakni 5,2 dan dengan promosi offline tingkat keinginan bermitra UMKM bertambah 8, 85. Kedua, terdapat pengaruh dari promosi online terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan SMESCO Indonesia yang signifikan dengan tingkat signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0, 05. Tanpa promosi online tingkat keinginan bermitra UMKM rendah yakni 3,5 dan dengan promosi online tingkat keinginan bermitra bertambah 8,12. Ketiga, ada pengaruh dari promosi offline dan online secara simultan terhadap keinginan UMKM untuk bermitra dengan SMESCO Indonesia yang signifikan dengan tingkat signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05.  Penelitian ini menunjukkan bahwa promosi offline dan online dapat meningkatkan keinginan UMKM untuk menjadi mitra. Tanpa promosi offline dan online tingkat keinginan UMKM untuk bermitra sebesar 5,2 sementara dengan promosi offline dan online tingkat keinginan bermitra bertambah lebih dari 7,5.


Keywords


Promosi Offline; Promosi Online; UMKM; Keinginan Bermitra

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bank Indonesia. (2018). Sinergi Untuk Ketahanan dan Pertumbuhan. Laporan Perekonomian Indonesia 2018. Jakarta.

Baxter, L. A. (2004). The Basics Of Communication Research. The University of lowa: Chapman University.

BPS. (2019). Hasil Sensus Ekonomi 2016 Lanjutan Badan Pusat Statistik. Jakarta: BPS-Statistics Indonesia.

Criterio. (2019). industri report. Retrieved from criterio.com: https://www.criteo.

com/digital-marketing-reports/

Djayakusumah. (2010). Periklanan. Bandung: Rosda Karya.

IFC. (2019). https://www.ifc.org/wps/wcm/ connect/corp_ext_content/ifc_external_corporate _site/home. Retrieved from ifc.org.

Iswara, L. (2011). Jurnalisme Dasar. Jakarta: Buku Kompas,.

Kotler, P., & Armstrong. (2014). Principles of Marketing (12 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2015). Manajemen Pemasaran dan Strategi Pemasaran (Edisi Revisi ed.). Jakarta: Erlangga.

Kundang, H. (2017). Pola Kemitraan Antara Petani Dengan PT Indofood Fryto-Lay Makmur Pada Usaha Tani Kentang Industri Varietas Atlantik. Jurnal ISTEK.

LLP-KUKM. (2018). Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM). Laporan Kinerja. Jakarta: LLP-KUKM.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peluang, M. (2019). Majalah Peluang.com. Retrieved from keutamaan-digital-marketing.

Ristania, N., & Justianto, J. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada “Online Shop” S-Nexian Melalui Facebook. Jurnal of Business Strategy and Execution, 5.

Situmorang, S. H., & Lufti, M. (2014). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis (Vol. Edisi Ketiga). Medan: USU Press.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B. d. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Thoyibie, L. (2010). Psikologi Social Media. Retrieved from http://komunikasi-Indonesia.org.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4 ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Wantimpres. (2016). Kajian Membangun Infrastruktur, Sarana dan Jaringan Pemasaran Produk Lokal UMKM. Jakarta: Dewan Pertimbangan Presiden RI.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.2.155-165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ