PURWARUPA Jurnal Arsitektur

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for PURWARUPA Jurnal Arsitektur?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PURWARUPA Jurnal Arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal hasil penelitian. Penerbitan Jurnal Arsitektur NALARs secara rutin pada bulan Maret dan Oktober setiap tahunnya.  PURWARUPA terbit pertama kali pada bulan Maret 2017.

Jurnal ini berisi tulisan hasil penelitian di bidang Arsitektur. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian arsitektur mulai dari lingkup mikro,meso hingga makro yang berkaitan dengan lingkungan binaan.

 

e-ISSN: 2550– 066X

 

PURWARUPA mengundang para mahasiswa, dosen, peneliti, pengkaji, dan praktisi untuk berkontribusi dalam publikasi dengan mengirimkan artikel ilmiah. Artikel yang masuk akan di-review secara peer-review. Setelah proses review selesai, hasil review akan diinformasikan kepada penulis melalui sistem Open Journal System (OJS) dan juga melalui email penulis.

 

Artikel dapat ditulis dalam bahasa  Indonesia yang baik dan benar. Artikel merupakan hasil-hasil penelitian, disertai analisis serta pemecahan permasalahan  dan belum pernah dipublikasikan dalam media publikasi lainnya.

 

Petunjuk Umum

 

Artikel harus ditulis pada kertas HVS ukuran A4 (210 x 297 mm). Artikel ditulis tanpa nomor halaman dan disusun dengan sistematika penulisan artikel terdiri dari judul, nama penulis, institusi dan alamat korespondensi, abstrak, kata kunci, abstract, keywords. Isi artikel terdiri dari Pendahuluan, Tujuan, Metode, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka. Abstrak dan Judul ditulis dalam 2 (dua) bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

 

Petunjuk Penulisan

 

Penulis dapat mengunduh template PURWARUPA setelah resgiter sebagai author.

 

Judul artikel ditulis menggunakan huruf arial ukuran 11, capitalized, bold, centered, terdiri-dari maksimum 15 kata dan menggambarkan isi naskah. Nama lengkap penulis ditulis menggunakan huruf arial ukuran 10 tidak disertai gelar.

 

Alamat korespondensi ditulis di bawah nama penulis meliputi nama lembaga/institusi, dan dilengkapi dengan email korespondensi. Judul artikel, nama penulis dan nama lembaga ditulis rata tengah. Jarak antara judul dengan nama penulis adalah 2 spasi (10 pt) dan jarak antara nama penulis dengan nama lembaga adalah 1 spasi (10 pt). Naskah dipaparkan secara naratif (tanpa penomoran di depan sub judul) dan pemaparan dalam bentuk sub judul dihindari.

 

Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan huruf arial ukuran 9, spasi 1 dan dengan panjang teks maksimal 100 kata. Abstrak versi Bahasa Indonesia ditulis menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan ejaan yang disempurnakan. Penulisan singkatan dan rumus matematika di dalam abstrak perlu dihindari. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang latar belakang masalah, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Penulisan kalimat lengkap minimal mengandung unsur subyek dan predikat. Dalam penulisan kalimat pasif, unsur subyek dan predikat harus jelas, tidak rancu dengan unsur keterangan (obyek).

Abstrak ditulis dengan format satu kolom. Kata kunci ditulis di bawah teks abstrak, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda koma. Kata kunci ditulis dengan format regular dengan arial font 10 pt.

 

Isi artikel ditulis dengan format margin semua sisi (2cm kanan, kiri, bawah; 3 cm margin atas). Artikel diketik dengan jenis huruf arial font 10 pt, spasi 10 pt dan dalam format dua kolom. Setiap artikel maksimum 10 halaman (termasuk gambar dan tabel) dan ditulis justified. Jarak antar paragraph 1 spasi.

 

Gambar dan Tabel diletakkan di dalam kelompok teks dan diberi keterangan. Gambar dan tabel diikuti dengan judul gambar yang diletakkan di bawah gambar yang bersangkutan dan judul tabel yang diletakkan di atas tabel yang bersangkutan. Judul gambar dan judul tabel diberi nomor urut. Gambar dijamin dapat tercetak dengan jelas walaupun diperkecil sampai 50%. Gambar atau diagram/skema sebaiknya diletakkan di antara kelompok teks. Gambar tidak dibingkai.  Tabel yang ditampilkan tanpa garis vertikal, sedangkan garis horisontal hanya ditampilkan 3 garis horisontal utama yaitu 2 garis horisontal untuk item judul kolom dan garis penutup dari baris paling bawah.

 

Daftar Notasi ditulis berdasarkan urutan abjad. Notasi huruf latin ditulis terlebih dahulu, baru diikuti dengan huruf arab.

 

Sistem penulisan kutipan/cuplikan suatu naskah atau literatur menggunakan sistem Harvard. Sumber pustaka dituliskan di dalam uraian hanya terdiri dari nama penulis dan tahun penerbitannya. Contoh: Usaha-usaha untuk mencari sistem penyimpanan panas yang lebih baik telah banyak dilakukan, diantaranya adalah menggunakan panas laten peleburan dari PCM (Yanadoro dan Matsuda, 2006 untuk satu atau dua penulis ; Sutrisno dkk., 2011; Smith et al., 2011 untuk penulis lebih dari dua). Menurut Sanyono (2010), ………dst.

 

Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan urutan pustaka yag diacu dalam artikel dan diberi keterangan nomor [1]. Nama penulis dalam daftar pustaka mengikuti ketentuan nama belakang dan diikuti dengan nama depan setelah dipisah dengan koma. Judul buku yang diacu ditulis menggunakan huruf arial ukuran 9. Semua pustaka yang dirujuk dalam teks harus dituliskan dalam daftar pustaka. Daftar pustaka diutamakan merupakan artikel yang diambil dari jurnal / publikasi terbaru paling lama 5 tahun sebelum pengiriman artikel (paper submission). Cara penulisan rujukan: nama belakang (nama keluarga) dan tahun (Wijayanti, 2007).

 

Pemuatan Artikel

 

Artikel dikirimkan secara online dengan cara mengakses website PURWARUPA dengan alamat

http://jurnal.umj.ac.id/index.php?journal=purwarupa

 

Setiap Penulis harus mempunyai users name dan password untuk bisa mendaftarkan artikelnya. Data pada bagian Metadata harus diisi secara lengkap data semua Penulis. Setiap mendaftarkan artikelnya dapat dilengkapi dengan Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa artikel terbebas dari plagiarism. Bagi calon Penulis yang belum bisa submitted secara online dapat menghubungi Redaksi melalui jalur E-mail dengan alamat jurnal.purwarupa@ftumj.ac.id

 

Setiap artikel akan dilakukan telaah oleh Dewan Redaksi dan/atau Mitra Bebestari dalam waktu 2 minggu. Korespondensi akan ditujukan kepada penulis pertama. Penulis harus segera memperbaiki artikel sesuai petunjuk reviewer. Jika artikel telah dinyatakan diterima baik Major Revision maupun Minor Revision, maka Penulis harus segera memperbaiki artikel yang telah melalui proses telaah/review.

 

Redaksi berhak menolak artikel yang dikirim apabila tidak relevan dengan bidang arsitektur, tidak up to date atau sudah pernah dipublikasikan

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Powered by Puskom-UMJ