KONSEP BUNGA ANGGREK PADA PERENCANAAN PASAR BUNGA DI BSD

Evi Evi, Anisa Anisa, Ratna Dewi Nur'aini

Abstract


ABSTRAK. Komoditas agribisnis florikultur terdiri dari bunga potong, bunga pot dan tanaman hias daun. Salah satu komoditas florikultur yang memiliki peluang usaha yang cukup baik untuk dikembangkan adalah bunga potong. Bunga potong banyak dibutuhkan oleh florist, dekorator, hotel, katering, perkantoran dan konsumen rumah tangga. Hal tersebut menunjukan bahwa usaha bunga potong memiliki pasar cukup luas untuk pemasaran hasil produksinya dan dapat dijadikan suatu peluang usaha yang cukup baik kedepannya. Untuk itu perlu upaya peningkatan daya saing di negara tujuan dan dukungan pemerintah yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan kebijakan segala sarana dan prasana yang mendukung arah perkembangan industri florikultur. Salah satunya dengan membangun pasar bunga sebagai wadah agribisnis florikultur ini.

 

Kata Kunci: Florist, Pasar, Bunga, Tanaman Hias

 

ABSTRACT. Floriculture agribusiness commodities consists of cut flowers, potted flowers and leaves of ornamental plants. Cut flower seen as floriculture commodities which have good business opportunity to develop. Cut flowers much needed by florists, decorators, hotels, catering, offices and consumer households. It shows that cut flowers have large market size for marketing and can be seen as a business opportunity for future. Therefore, cut flowers need some efforts to compete in market country and support from the government which has the authority to issue a policy for all facilities and infrastructures required to develop floriculture industry. One of effort is to build flower market to facilitate floriculture agribusiness.

 

Keywords: Florist, Market, Flowers, Ornamental Plants


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.1.1.23-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ