KAJIAN PRINSIP ARSITEKTUR ERGONOMI PADA BANGUNAN PENDIDIKAN BERASRAMA (STUDI KASUS: SMKN 61 JAKARTA)

Angga Sukmanika, Ratna Dewi Nur'aini

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu peran penting dalam visi perkembangan teknologi di era digital, siswa tidak hanya perlu menguasai perangkat digital, tetapi juga menguasai soft skill yang mumpuni dalam kegiatan belajar di sekolah. Untuk mencapai hal tersebut, semua aspek kenyamanan pengguna, efisiensi dari segi waktu dan jarak, serta keamanan harus diperhatikan dalam kegiatan belajar mengajar. Dari semua standar tersebut, konsep yang paling mendekati adalah Arsitektur Ergonomi. Ergonomi adalah cabang ilmu yang secara sistematis memanfaatkan informasi tentang kenyamanan manusia di lingkungan, selanjutnya ergonomi bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan saat melakukan aktivitas di lingkungan, serta untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Oleh karena itu, konsep bangunan ergonomis diperlukan dan menjanjikan untuk meningkatkan dan menciptakan keseimbangan dalam berbagai aspek teknis, ekonomi dan budaya dari setiap sistem kegiatan yang dilakukan, sehingga menciptakan pembelajaran dan kualitas hidup yang tinggi bagi pengguna bangunan.

Kata Kunci: Pendidikan, Arsitektur Ergonomi, Bangunan.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.6.1.33-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ