Kajian Konsep Desain Arsitektur Tropis Modern Pada Bangunan Rusunawa Kota Madiun

Alief Muzakkii Saliim, Anggana Fitri Satwikasari

Abstract


Indonesia merupakan negara beriklim tropis lembab dengan intensitas curah hujan yang tinggi dan dan kemarau yang pendek. Selain itu Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang cukup padat akan penduduk, kepadatan tersebut menyebabkan lahan untuk membangun suatu hunian tempat tinggal menjadi semakin terbatas setiap tahunnya. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat hunian tempat tinggal yang bersifat vertikal, atau biasa disebut dengan rumah susun. Dalam menciptakan bangunan rumah susun yang aman, nyaman, serta layak untuk dihuni, bangunan harus dapat beradaptasi terhadap iklim dan zaman untuk menyelaraskan antara desain bangunan terhadap kondisi alam dan kebutuhan masyarakat pada zaman tersebut. Oleh karena itu pendekatan konsep desain bangunan yang relevan untuk diterapkan daerah beriklim tropis adalah konsep arsitektur tropis modern.

Full Text:

PDF

References


Febrianti, N. (2008, December). Perubahan Zona Iklim di Indonesia Dengan Menggunakan Sistem Klasifikasi Koppen. In Prosiding Workshop Aplikasi Sains Atmosfer LAPAN.

Rondonuwu, V. V., & Gosal, P. H. (2011). Arsitektur Tropis Lembab. Media Matrasain, 8(2).

Hardiman, G. (2012). Pertimbangan iklim tropis lembab dalam konsep arsitektur bangunan modern. JURNAL ARSITEKTUR, 2(2).

Hendra, D. (2018). Analisis pemikiran Henri Levebvre tentang ruang dalam arsitektur modern: Suatu perspektif sosiologis. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi,

Susilawaty, M. D. Rumah Susun di Pekanbaru dengan Pendekatan Arsitektur Tropis (Doctoral dissertation, Riau University).

Zain, Z. (2015). Karakteristik Unit Hunian dan Penghuni Pada Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Di Kelurahan Sungai Beliung Kota Pontianak. NALARs, 14(2).

Japto, F. (2014). Tinjauan Yuridis terhadap pembangunan RUmah Susun yang dibangun dengan pemanfaatan Barang Milik Negara Berupa Tanah berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun. Premise Law Journal, 1, 13972.




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.6.2.1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ