KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR HIJAU PADA BANGUNAN UNIVERSITAS BINA NUSANTARA ALAM SUTERA
Abstract
ABSTRAK. Arsitektur hijau atau yang dikenal dengan sebutan green architecture merupakan salah satu konsep pada arsitektur yang mempunyai karakteristik dan berfokus pada arsitektur yang ramah lingkungan. Poin penting yang terdapat pada arsitektur hijau ini yaitu seperti meminimalisasi konsumsi sumber daya alam, efisiensi energi, penggunaan air yang bijak dan berkelanjutan, dan material non polusi serta daur ulang. Pada bangunan Pendidikan konsep arsitektur hijau ini sangat penting digunakan, selain untuk mengurangi emisi dan pemanasan global, arsitektur hijau ini sangat berpengaruh dengan kinerja atau kenyamanan orang didalam nya saat menuntut ilmu, fenomena desain bangunan pendidikan berkonsep arsitektur hijau banyak digunakan pada bangunan Universitas yaitu seperti Universitas Bina Nusantara Alam Sutera, konsep desain pada bangunan Universitas Bina Nusantara Alam Sutera ini mengusung arsitektur hijau yang hemat energi. Tujuan dari peneleitian ini adalah untuk (1) memahami bagaimana konsep arsitektur hijau pada bangunan Universitas Bina Nusantara Alam Sutera, (2) Memahami konsep dan prinsip- prinsip pada arsitektur hijau sehingga menjadi bangunan yang ramah lingkungan, yaitu dengan cara menganalisis konsep arsitektur hijau berdasarkan prinsip- prinsip khususnya membahas tentang: pemanfaatan energi pada bangunan, tampak bangunan, tapak bangunan, dan material yang digunakan pada bangunan. Selain itu manfaat dari penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana prinsip-prinsip pada bangunan yang berkonsep arsitektur hijau dan dapat menjadi acuan untuk mahasiswa arsitektur dalam merancang bangunan yang berkonsep arsitektur hijau. pada penelitian ini pengelolaan data menggunakan metode deskriptif dengan strategi kualitatif, yaitu penggambaran atau menjelaskan keadaan yang ada di lapangan dengan cara menganalisis serta membahasnya secara luas sehingga dapat menemukan hasil dan kesimpulan. Universitas Bina Nusantara Alam Sutera memenuhi standar konsep arsitektur hijau melalui penghematan energi, bangunan menyesuaikan dengan iklim setempat, tidak merusak lingkungan sekitar, memenuhi kebutuahan pengguna, dan material yang hemat energi
Kata Kunci: Arsitektur, Arsitektur Hijau, Bangunan Pendidikan
ABSTRACT. Green architecture or what is known as green architecture is a concept in architecture that has characteristics and focuses on environmentally friendly architecture. The important points contained in this green architecture are minimizing the consumption of natural resources, energy efficiency, wise and sustainable use of water, and non-polluting and recycled materials. In educational buildings the concept of green architecture is very important to use, in addition to reducing emissions and global warming, this green architecture is very influential on the performance or comfort of people in it when studying, the phenomenon of educational building design with the concept of green architecture is widely used in university buildings, such as universities. Bina Nusantara Alam Sutera, the design concept for the Bina Nusantara Alam Sutera University building carries energy-efficient green architecture. The purpose of this research is to (1) understand how the concept of green architecture in Bina Nusantara Alam Sutera University buildings, (2) understand the concepts and principles of green architecture so that it becomes an environmentally friendly building, namely by analyzing the concept of green architecture based on the principles - the principles specifically address: energy utilization in buildings, the appearance of the building, the site of the building, and the materials used in the building. Apart from that, the benefits of this research are also to find out how the principles of buildings with a green architectural concept can be used as a reference for architecture students in designing buildings with a green architectural concept. In this study, data management uses descriptive methods with qualitative strategies, namely describing or explaining the conditions in the field by analyzing and discussing them broadly so that results and conclusions can be found. Bina Nusantara Alam Sutera University meets the standards of green architectural concepts through energy saving, buildings adapt to the local climate, do not damage the surrounding environment, meet user needs, and energy-efficient materials
Keywords: Architecture, Green Architecture, Education Building
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional, Bandung: Penerbit INTIMA.
Ching, Francis D.K. (1993). Arsitektur Bentuk Ruang dan Susunannya. Jakarta: Erlangga.
Fatah, Nanang. (2000). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Field, Kyle (2018). Zayed Future Energy Prize Winner Green School Bali Is Raising A Generation Of World Changers.
Frick, Heinz. (1991). Arsitektur dan Lingkungan, Kanisius.
Hakim, R. (2000). Komponen Perancangan Arsitektur Lanskap. Jakarta: Bumi Aksara.
Karyono, Tri Harso (2010). Green Architecture: Pengantar pemahaman Arsitektur Hijau di Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pradono, B. (2008). Green Design dalam Perspektif Arsitek Muda. Good Business With Green Design. 8 November 2008. Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.
Priatman, J. (2002). ”ENERGY-EFFICIENT ARCHITECTURE” PARADIGMA DAN MANIFESTASI ARSITEKTUR HIJAU. DIMENSI TEKNIK ARSITEKTUR Vol. 30, No. 2, Desember 2002: 167 - 175,167-175.
Rusadi, P., Purwatiasning, A. W., & Satwikasari, A. F. (2019). PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR HIJAU PADA PERENCANAAN AGROWISATA KOPI DI TEMANGGUNG. Jurnal Arsitektur PURWARUPA Volume 03 No 4 September 2019, 25.
Siregar, HH. (2012). Pengembangan Kawasan Pasar Sei Sikambing Medan. Jurnal Arsitektur dan Perkotaan “Koridor”
Sudiyono, A. (2004). Pemasaran Pertanian. Edisi Kedua. UMM Press. Malang
Noah Webster. Webster’s New Twentieth Century Dictionary, Volume 1.Cleveland and New York : 1962
Vale, Brenda & Robert. (1991). Green Architecture Design for Sustainable Future
DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.7.2.43-48
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY: