PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR KONTEMPORER PADA PERANCANGAN MIXED-USE BUILDING DI JAKARTA SELATAN

tedi kurnia, Lily Mauliani, Lutfi Prayogi

Abstract


ABSTRAK. Kota Jakarta merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Indonesia. Kebutuhan akan hunian, lapangan kerja, dan hiburan meningkat karena kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat, utamanya masyarakat yang berada di perkotaan. Mixed-use building yang berisi pusat perbelanjaan, apartemen dan hotel bintang 4 diharapkan dapat menjadi solusi untuk kota Jakarta yang semakin padat dan lahan kosong semakin menyusut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini akan membahas analisis apa saja yang diperlukan dalam penerapan arsitektur kontemporer pada mixed-use building. Metode pengumpulan data mixed-use building, pusat perbelanjaan, apartemen dan hotel bintang 4 berdasarkan literatur, serta Observasi lapangan mixed-use building. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian mixed-use building ini adalah arsitektur kontemporer menurut Ogin Schirmbeck dan Alfari. Di penelitian ini menghasilkasn konsep mixed-use building yang menggunakan material baru. Bangunan yang kokoh dengan gubahan massa yang ekspresif dan dinamis.

 

Kata Kunci: Arsitektur, kontemporer, mixed-use building.

 

ABSTRACT. The city of Jakarta is the center of business, trade, industry and education in Indonesia. The need for shelter, employment, and entertainment is increasing because these needs are a primary need for the community, especially those in urban areas. Mixed-use buildings that contain shopping centers, apartments and 4-star hotels are expected to be a solution for the increasingly crowded city of Jakarta and empty land is shrinking. The method used in this study will discuss the analysis of what is needed in the application of contemporary architecture in mixed-use building. Methods of collecting mixed-use building, shopping centers, apartments and 4-star hotels based on literature, as well as observing mixed-use building fields. The approach used in mixed-use building research is contemporary architecture according to Ogin Schirmbeck and Alfari. In this research the concept of mixed-use building produces new materials. A sturdy building with expressive and dynamic mass composition.

 

Keywords: Architecture, contemporary, mixed-use building.


Full Text:

PDF

References


Alfari, S. (2015). Arsitektur dan Desain Kontemporer. https://www.arsitag.com/article/arsitektur-dan-desain-kontemporer. Diakses 4 November 2018.

. Diakses 4 November 2018.

Fransisca. (2014). Pusat Perbelanjaan Modern Di Yogyakarta Studi Tata Ruang Luar dengan Konsep Citywalk. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Hendrian, S. A. (2017). Mixed-use Building di Jakarta Selatan Dengan Mempertimbangkan Keseimbangan Antara Manusia, Alam, Dan Teknologi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Hilal, R F. (2016). Swot Analisis Dan Studi Kelayakan Bisnis (Studi Kasus Pendirian Jusana Hotel Di Wilayah Kulonprogo). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Nugroho, S. C. (2017). The Easerum Epicentre Pusat Studi Gempa Bumi Di Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Riyono, M. S. (2014). Apartemen Di Daerah Istimewa Yogykarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

SiPraJa. (2018). Sistem Informasi Penataan Ruang Jakarta. https://tataruang.jakarta.go.id/portal/apps/webappviewer/index.html?id=11634285d14b42e7b65f75c7113aba21. Diakses Oktober 2018.

Urukia. (2017). Aedas’s Olympia 66 Shopping Mall In Dalian, China. http://www.urukia.com/olympia-66-shopping-mall-aedas/. Diakses Oktober 2018.




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.4.2.71-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ