Penerapan Konsep Arsitektur Analogi Pada Bangunan Museum Purna Bhakti Pertiwi

Muhammad Muslimin, Ashadi Ashadi

Abstract


ABSTRAK. Museum merupakan bangunan yang menyimpan benda-benda bersejarah, karya seni dan yang bersifat edukasi lainya. Dalam perencanaanya setiap museum memiliki desain yang berbeda tergantung apa yang dipamerkan didalam museum, diantara pendekatan yang digunakan dalam perancangan museum adalah pendekatan konsep arsitektur analogi, konsep ini sudah banyak digunakan oleh para arsitek dalam perancangan karya dan menghasilkan karya yang spektakuler. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang makna arsitektur analogi dan bagaimana penerapan prinsip-prinsip arsitektur analogi kedalam bangunan museum, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan teori-teori dari beberapa ahli dan observasi studi kasus secara langsung, hal ini memungkinkan peneliti mendapatkan data secara lebih akurat. penerapan prinsip arsitektur analogi selalu menghasilkan desain yang unik dan kontras terhadap bangunan disekitar nya, benang merah dalam penerapan prinsip arsitektur analogi ini adalah bahwa dalam penerapan nya tidak secara langsung menjiplak objek analogi akan tetapi diperlukan analisis mendalam sehingga tercipta bentuk yang sesuai.

Kata kunci: Arsitektur Analogi, Museum, Museum Purna Bhakti Pertiwi

 

ABSTRACT. The museum is a building that holds historic objects, senior artwork and that opposes other education. In each museum has a different design depending on what is exhibited in the museum, between what is used in the design of the museum is the concept of analogy architecture, this concept has been widely used by architects in the design of works and produce spectacular works. This study aims to discuss more about the meaning of analogy architecture and the application of the principles of analogy to building a museum, the method used in this research is a descriptive qualitative method relating to gathering theories from several experts and direct case study observations, this allows researchers get data accurately. The application of analogy architecture produces a unique design and contrast to the building concerned, the common thread in the application of this analogy architecture is that in its application it does not directly trace the object of the analogy it will require the necessary analysis so that an appropriate shape is created.

Keywords: Analogy Architecture, Museum, Museum Purna Bhakti Pertiwi


Full Text:

PDF

References


Abel, Chris (1997), Architecture and Identity, Architectural Press, An imprint of Butterworth-Heinemann

Broadbent, Geoffrey (1973). Design in Architecture. Architecture and the Human Sciences

Ina, Trisjanti Lucia. (2017). Penggunaan analogi sebagai metoda rancang Arsitektur

Jabarprov.go.id. (2018, 08 Oktober). Tingkatkan Kunjungan Disparbud Jabar Gulirkan Paket Khusus. Diakses pada 09 Juli 2020, dari https://jabarprov.go.id/index.php/news/30237/2018/10/08/Tingkatkan-Kunjungan-Disparbud-Jabar-Gulirkan-Paket-Khusus

Zarzar, K. Moraes and Guney, A. (2008), Understanding Meaningful Environments, IOS Press TU Delft




DOI: https://doi.org/10.24853/purwarupa.4.2.1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Garba Rujukan Digital(Garuda)
Powered by Puskom-UMJ