KAJIAN PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR PERILAKU PADA FASILITAS SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 07 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24853/purwarupa.5.1.29-34Abstract
Ketersediaan fasilitas sangat mempengaruhi jalannya kegiatan siswa disekolah, sesuai dengan aturan yang ada bahwasanya setiap anak memiliki hak pendidikan yang setara dengan usianya, sama hal nya dengan anak berkebutuhan khusus yang memiliki hak untuk bersekolah dan memiliki fasilitas yang memadai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kaitan antara perilaku anak berkebutuhan khusus dengan fasilitas sekolah luar biasa yang meliputi, Ruang, Furniture, dan Lansekap. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan sumber data melalui kajian literatur dan beberapa jurnal yang ada. Penelitian ini berkonsentrasi kepada kebutuhan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus pada saat di sekolah Penggunaan material, warna, dan kapasitas ruang sangat mempengaruhi konsentrasi pendidikan anak di sekolah luar biasa. Fasilitas ruang yang disediakan oleh sekolah ini cukup lengkap untuk mengakomodasi anak berkebutuhan khusus, untuk Furniture setiap ruang memang terkesan monoton dan kurang menarik, dan untuk fasilitas ruang terbuka hanya tersedia lapangan yang terlihat kurang menstimulus perilaku anak berkebutuhan khusus dari aspek kebutuhan perkembangan dan terapi. Penderita kebutuhan khusus juga sebaiknya diberikan wadah seluas-luasnya guna mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki, seperti salah satu tujuan dari sekolah untuk anak berkebutuhan khusus yaitu untuk meningkatkan rasa kemandirian anak tersebut. Kata Kunci: Anak berkebutuhan khusus, Arsitektur Perilaku, Ruang, Furniture, LansekapReferences
Prajalani, Y. N., & Himawanto, D. A. (t.thn.). Aksesibilitas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB negeri Sukoharjo. 02, December 2017.
Abdullah, N. (V Desember 2013). MENGENAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Magistra.
Adzara, R. N., & Widajanti, A. (Juni 2016). EVALUASI KONDISI RUANG KELAS BERDASARKAN PERILAKU ANAK KEBUTUHAN KHUSUS DOWN SYNDROME Studi Kasus: SKH YKDW 01 Kota Tangerang. Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, 105-162.
Astuti, A. D. (2019). KAJIAN FURNITRE PADA INTERIOR RUANG KELAS PENYANDANG AUTIS. NARADA.
Delaney, Tara. (2010). Permainan dan aktivitas anak-anak penderita autisme, asperger, dan gangguan pemrosesan Sensorik. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Mangunsong, F. (2009). Psikolgi & Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Jilid 1). Jakarta : LPSP3 UI.
Natasha, C., Sofiana, Y., & Wilastrina, A. (2015). PERANCANGAN INTERIOR PADA SEKOLAH LUAR BIASA TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA JAKARTA.
Wasito, D. R., Sarwindah S, D., & Sulistiani, W. ( 03, Desember 2010). Penyesuaian Sosial Remaja Tuna Rungu yang Bersekolah di Sekolah Umum . INSAN , Vol 12.
Wicaksono, S. I. (2017). LOCUL POTRIT- Character Building center di Kaliurang, Sleman . Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 33 tahun 2008 Tentang standar Sarana dan Prasarana Sekolah Khusus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
COPYRIGHT POLICY
The author(s) of an article published in the Jurnal Teknologi retains ownership of the intellectual property rights in work (s).
PUBLISHING RIGHTS
The author(s) of an article published in the Jurnal Teknologi have unrestricted publication rights. The authors give the Jurnal Teknologi the right to publish the article and designate the Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta Publishing as the original publisher of the article.
LICENSING POLICY
Journal of Mechanical Engineering and Sciences is an open-access journal that follows the Creative Commons Non-Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0), which states that:
Under this license, the reusers must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Users may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses users or their use.
Please take the time to read the whole license agreement (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/). As long as reusers follow the license conditions, the owner cannot withdraw these freedoms. The following components are included under this license:
Attribution: Users must provide appropriate attribution, including a link to the license, and indicate whether or not they made any modifications. Users are free to do so reasonably, but not in a manner that indicates the licensee approves of their usage.
NonCommercial: Users may not use the material for commercial purposes.