KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR FUTURISTIK PADA BANGUNAN WEST KOWLOON STATION HONGKONG

M.Arifandy Abdul Gani, Yeptadian sari

Abstract


ABSTRAK. Sarana Transportasi kereta api sering digunakan dalam aktifitas keseharian masyarakat dalam berpergian dari satu tempat ketempat lainnya serta aktifitas bekerja diluar dan didalam kota. Keunggulan dari kereta yaitu penghematan lahan yang ditempati dan hemat energi dalam pencemaran lingkungan. Berjalannya waktu dari masa kemasa, saat ini stasiun kereta api mengalami perubahan yang pesat, baik itu bentuk dan konsep bangunan. Sala satunya konsep arsitektur futuristik yang memiliki bentuk dari penggunaan kemajuan teknologi yang digunakan. Bangunan Stasiun dengan penerapan bentuk arsitektur futuristik dapat menjadikan bangunan dengan unsur-unsur arsitektur futuristik yang khas dan berkarakter. Dari hal tersebut sehingga munculnya permasalahan mengenai bagaimana penerapan bentuk arsitektur futuristik pada bangunan stasiun kereta api. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa metode deskriptif kualitatif dengan tahapan analisis bentuk teori berdasarkan unsur-unsur arsitektur futuristik terhadap penerapan bangunan studi kasus dan hasil akhir berupa kesimpulan dari bentuk penerapan konsep arsitektur futuristik terhadap bangunan stasiun dilihat dari bentuk unsur-unsur arsitektur futuristik berupa efisiensi energi bangunan, menggunakan kemajuan teknologi pada bangunan, nihilism bangunan, dan anatomi bangunan.

 

Kata Kunci: arsitektur futuristik, stasiun kereta api, teknologi, transportasi

 


Full Text:

PDF

References


Asim, Shree, (2018). A Century of Futurist Architecture: From Theory to Reality.

Choiriyani, Lissimia, (2020). Kajian Arsitektur Futuristik Pada Stasiun Tanjung Priuk Dan Theater Jakarta Taman Ismail Marzuki.

Fauzi, Aqli, (2020). Kajian Konsep Arsitektur Futuristik pada Bangunan Perkantoran.

Fauzi, Sundari, Samra, (2019). Pekanbaru Science and Technology Center Dengan Pendekatan Arsitektur Futuristik Berbasis Teknologi Tinggi.

Firdaus, Fuadi, Basri, (2016). Perencanaan Stasiun Kereta Api Berbasis Transit Oriented Development (Tod) Dengan Tema Arsitektur Perilaku.

Maulana, Hidayat, Novan, (2018). Pekanbaru Trade Center Dengan Pendekatan Arsitektur Futuristik.

Polii, Gosal, Rate, (2019). Shopping Mall di Amurang “Arsitektur Futuristik.

Purwanto, (2008). Kajian Arsitektural Stasiun Nis.

Razak, Anisa, Sari, (2017). Penerapan Konsep Futuristik Pada Bangunan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramugari dan Pramugara Trasportasi Darat, Laut, dan Udara.

Sugama, (2018). Penerapan Konsep Arsitektur Ikonik Pada Stasiun Kiarand Bandung.

Tyas, Kumoro, Suroto, (2017). Aplikasi Karakteristik Arsitektur Futuristik Pada Terminal Penumpang Pelabuhan Yos Sudarso di Kota Ambon.

Undang-Undang Negara Republik Indoensia No. 23 Tahun 2007. Tenteang Perkeretaapian.

Widayanti, Widyarsih, (2012). Analisis Perkembangan Gaya Arsitektur Pada Fasade Bangunan Stasiun Kereta Tanjung Priuk.

www.archdaily.com/911930/hong-kong-west-kowloon-station-aedas. (diakses 15 Januari 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung


Powered by Puskom-UMJ