KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR UNIVERSAL PADA MUSEUM SEJARAH JAKARTA

Ralianisa Trisna Putri, Wafirul Aqli

Abstract


Manusia di dunia ini diciptakan dengan segala keunikan dan kondisi. Kondisi dari ssetiap manusia dapat berbeda-beda. Kondisi ini dapat dipengaruhi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan berbagai faktor lainnya. Setiap manusia memiliki hak yang sama dalam menjalani keseharian walaupun sedang dalam keterbatasan secara fisik. Arsitektur memiliki bidang Arsitektur Universal, dimana pada bidang ini memberikan kesetaraan dalam penggunaan fasilitas baik untuk pengunjung norma maupun pengunjung dengan kebutuhan khusus. Prinsip dari desain universal merupakan suatu solusi untuk menentukan seluruh aspek pada konsep dari semua ilmu desain. Metode penelitian menggunakan metode penelitian naratif kualitatif. Metode naratif kualitatif merupakan metode yang digunakan dengan cara mengamati dan menganalisis keadaan dengan setiap aspek yang digunakan dalam penelitian. Tujuan dari metode naratif kualitatif yaitu untuk  menghasilkan gambaran tentang suatu keadaaan dan menjelaskan mengenai fasiltas dan keadaan suatu tempat. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer digunakan dengan mengunjungi studi kasus secara langsung dan melakukan pengamatan pada studi kasus. Data sekunder yaitu berupa studi literatur. Studi literatur dapat memberikan informasi secara lengkap dan banyak. Informasi yang diperlukan dan diperoleh secara sekunder yaitu berupa teori-teori mengenai arsitektur universal dan informasi mengenai studi preseden. Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu untuk memahami bagaimana Museum Sejarah Jakarta dapat mengakomodasi pengunjung dengan kebutuhan khusus.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2013). MENGENAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Magistra No. 86 Th. XXV, 1-10.

Ferida, Y. (2016). DESAIN INTERIOR MUSEUM TAPIS LAMPUNG DI KOTA BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN SAI BUMI RUWA JURAI. 10-18.

International Council of Museums. (2009).

Limantara, O., Kristianto, T. A., & Kattu, G. S. (2017). Pengaruh Interior terhadap Perilaku Pengunjung Museum House of Sampoerna Surabaya. JURNAL INTRA Vol. 5, No. 2, 811-819.

Masruroh, F., Mauliani, I., & Anisa. (2015). KAJIAN PRINSIP UNIVERSAL DESIGN YANG MENGAKOMODASI AKSESIBILITAS DIFABEL STUDI KASUS TAMAN MENTENG. Seminar Nasional Sains dan Teknologi , 1-11.

Salsabilla, A. S., Mauliani, L., & Nur’aini, R. D. (2019). PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR UNIVERSAL PADA DESAIN SEKOLAH DASAR AISYIYAH DI JAKARTA UTARA. Jurnal Arsitektur PURWARUPA Volume 3 No 1, 71-80.

Stefanni, C., Yong, S. d., & Kayog, D. T. (2019). Perancangan Interior Galeri Seni Kontemporer Karya Penyandang Difabel dengan Konsep Universa lDesign di Surabaya. JURNAL INTRA Vol. 7 No. 2, 992-1002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung


Powered by Puskom-UMJ