Efisiensi Baterai Lithium Ion Terhadap Pembatasan Arus Motor BLDC 2000 Watt Sepeda Motor Listrik
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang efisiensi baterai lithium-ion pada sistem pembatasan arus motor Brushless Direct Current (BLDC) dengan daya 2000 watt pada sepeda motor listrik. Penelitian ini dimulai dengan studi literatur dan mengumpulkan informasi dan pengetahuan tentang penelitian ini, mempersiapkan semua yang dibutuhkan, menentukan sirkuit atau lintasan, lalu pengujian pertama motor listrik tanpa membatasi arus pada motor BLDC 2000 watt, mengumpulkan data hasil pengujian, menentukan bagaimana efisiensi dan perbedaannya. Dari hasil penelitian, akan ditarik kesimpulan mengenai efisiensi baterai lithium ion terhadap pembatasan arus motor BLDC 2000 watt pada sepeda motor listrik. Dengan demikian, pembatasan perlu dilakukan pada driver agar pemakaian baterai lebih efisien dan lebih awet. Pengaturan dilakukan dengan menggunakan alat speed controller PWM DC di 3 level kecepatan, yaitu di kecepatan 30 Km/Jam dengan pembatasan arus di 9,6 A, di kecepatan 40 Km/Jam dengan pembatasan arus di 12,3 A, dan di kecepatan 50 Km/Jam dengan pembatasan arus di 15,2 A.
Kata Kunci : motor listrik, motor BLDC, PWM DC, kecepatan
ABSTRACT
This research discusses the efficiency of lithium-ion batteries in the current limiting system for Brushless Direct Current (BLDC) motors with a power of 2000 watts on electric motorbikes. This research begins with a literature study and collecting information and knowledge about this research, preparing everything needed, determining the circuit or path, then first testing the electric motor without limiting the current on a 2000 watt BLDC motor, collecting test result data, determining the efficiency and differences. From the research results, conclusions will be drawn regarding the efficiency of lithium ion batteries in limiting the current of 2000 watt BLDC motors on electric motorbikes. Thus, restrictions need to be placed on drivers so that battery use is more efficient and lasts longer. Settings are carried out using a PWM DC speed controller at 3 speed levels, namely at a speed of 30 Km/H with a current limitation of 9.6 A, at a speed of 40 Km/H with a current limitation of 12.3 A, and at a speed of 50 Km /Hr with current limiting at 15.2 A.
Keywords : electric motor, BLDC motor, PWM DC, speed
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24853/resistor.7.1.45-50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal terindeks oleh :