IDENTIFIKASI BAHAYA DAN RESIKO K3 PADA PROSES KERJA DI UKM FADHEL FURNITURE

Renty Anugerah Mahaji Puteri, Mutmainah Mutmainah, Slametingsih Slametingsih, Leola Dewiyani, Rendi Rendi

Abstract


 

Fadhel Furniture berlokasi di Pahlawan Komarudin RT. 08/ 005 Ujung Krawang, Cakung, Jakarta Timur. Berdasarkan pengamatan, wawancara yang dilakukan kepada pemilik UKM bahwa dapat disimpulkan bahwa masih rendahnya kepedulian / awareness pekerja terhadap keselamatan dan kesehatan kerja. Dilihan dari penggunaan APD, kondisi lingkungan kerja yang masih kurang aman dan sehat. Aktivitas ini tidak luput dari tetap bagaimana menjaga kesehatan pekerja dalam memenuhi seluruh permintaan di masa pandemic Covid-19. Kegiatan ini dfokuskan kepada penyuluhan bagaimana meningkatkan kepedulian / awareness terhadap bahaya dan resiko K3. Dimulai dari mengidentifikasi bahaya dan resiko dan memberikan penyuluhan berupa edukasi tentang bahaya dan resiko K3 yang mungkin terjadi selama proses kerja berlangsung di Fadhel Furniture. IPTEK berperan dalam dalam menemukan, mempelajari, memperbaharui segala hal dalam membantu manusia dan kehidupannya. Sehingga dengan metode yang bersistem dapat merencanakan, menggunakan dan menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran dengan memperhatikan baik sumber teknis maupun manusia dan interaksi antar keduanya sehingga mendapatkan hasil yang efektif. Dalam hal ini  Fadhel Furniture dijadikan objek pengabdian masyarakata dalam kami menerapkan IPTEK berdasarkan ilmu pengetahuan yang yang dimiliki oleh masing-masing dari anggota tim pengabdian masyarakat. Diantaranya adalah bagaimana menciptakan tingkat kepedulian terhadap resiko K3 dalam berkegiatan proses produksi dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.   Penerapan IPTEK dalam program pengabdian masyarakat kali ini adalah memberikan edukasi diantaranya dengan bentuk penyuluhan, penilaian dan identifikasi resiko bahaya. Kesimpulan yang didapat adalah betapa pentingnya memberikan identifikasi terhadap bahaya dan resiko kerja di Fadhel Furniture melalui edukasi berupa penyuluhan dan membuatkan safety information dan Job Safety Analysis.


Full Text:

PDF

References


Amellia. Bella, Gunung Setiadi, Arifin. (2019). Pengetahuan Penggunaan Alat Pelindung Diri Di Meubel Aluminium UD La Tahzan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol 16 No. 2.

Goetsch, David. (2015). Occupational Safety and Health For Technologist, Engineers and Managers, Eights Edition.

Hermayulis (2016).Pengelolaan Lingkungan Hidup Di Sekitar Kawasan Industri Pulo Gadung DKI Jakarta. Jurnal Penelitian Andalas.

Ng, Y.-M. Peggy, P. L. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) prevention: Virtual classroom education for hand hygiene. Nurse Education in Practice, 45, 102782. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102782

Nicholas J. Bahr . (2015). System Safety Engineering and Risk Assessment, Second Edition, CRC Press.

Putri, Jeihan Iftahlana. Muhammad Mujiya Ulkhaq. (2017). Identifikasi Bahaya Dan Risiko Pada Area Produksi CV Mebel Internasional, Semarang Dengan Metode Job Safety Analysis. Industrial Engineering Online Journal Vol. 6, No. 1.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012. (2012). Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta.

Tarwaka, (2014). Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Tarwaka, (2015). Ergonomi Industri, Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja

World Health Organization. (2021). Advice for the public. https://www.who.int/ emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ