WEBINAR PERLINDUNGAN ANAK DAN PEREMPUAN TERKAIT KEKERASAN SEKSUAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM DI INDONESIA

Viola Dwi Ananda, Debby Dwima Omra, Muhammad Putra Junior, Debbie Affianty

Abstract


Kekerasan terhadap anak dan perempuan di Indonesia semakin hari semakin memprihatinkan. Di Indonesia kasus kekerasan seksual setiap tahun mengalami peningkatan, korbannya bukan hanya dari kalangan dewasa saja sekarang sudah merambah ke remaja, anak-anak bahkan balita. Dengan demikian diperlukannya suatu kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perlindungan terhadap anak dan perempuan terkait kekerasan seksual. Program yang dilaksanakan oleh KKN UMJ Kelompok 42 yaitu mengadakan Webinar dengan tema “Perlindungan Anak dan Perempuan Terkait Kekerasan Seksual Dalam Perspektif Hukum Di Indonesia” bersama Mitra Paud Nururrahman merupakan salah satu upaya untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat terkait kekerasan seksual untuk mencegah atau mengurangi kasus kekerasan seksual yang terjadi lingkungan sekitar.


Full Text:

PDF

References


Ivo Noviana, “Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya”, Sosio Informa Vol. 01, No. 1, Januari - April, Tahun 2015, hal. 15.

John Dirk Pasalbessy, “Dampak Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Serta Solusinya”, Jurnal Sasi Vol.16. No.3 Bulan Juli - September 2010, hal. 12.

Khaerul Umam Noer, “Mencegah Tindak Kekerasan pada Anak di Lembaga Pendidikan”, Jurnal Studi Gender – Vol 14, No 1 (2019), hal. 47.

Marchelya Sumera, “Perbuatan Kekerasan/Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan”, Jurnal Lex et Societatis Vol. 1 No.2, 2013, hal. 10.

Sulfi Purnamasaria, Kusworob, Purwati Yuni Rahayu, “Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan dalam Menciptakan Lingkungan Ramah Keluarga”, Jurnal Loyalitas Sosial Vol. 1 No. 2 September 2019, hal. 75-76.

Tri Yuni Hendrawati, dkk. 2021. Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pelaksana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ