WEBINAR PARENTING POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Achmad Ramadhan Putra Kurnia, Maulia Ainis Syifa, Carlina Surya, Laely Farokhah

Abstract


Program kegiatan kepada masyarakat ini merupakan bentuk kerja sama yang dilaksanakan antara dosen dengan mahasiswa. Diadakannya webinar parenting ini untuk mengetahui kesulitan  yang  dihadapi  orang  tua dalam  mengasuh ketika pembelajaran daring seperti kurangnya anak dalam  memahami  materi  yang diterima  pada  saat  pembelajaran  daring  dikarenakan  karakter setiap anak berbeda-beda cara membangun psikologis antara anak dan orang tua. Tujuan program kegiatan ini adalah untuk membantu orang tua siswa mengenai pola asuh terhadap pembelajaran online pada anak di masa pandemi Covid-19 dan juga untuk memberikan solusi kepada orang tua yang kesulitan mengajarkan anaknya Ketika pembelajaran jarak jauh, Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMJ Kelompok 66 yaitu dengan mengadakan Webinar Parenting pola asuh orang tua terhadap pembelajaran online pada anak di masa pandemi covid-19  di SDI Al-Achfas Dwi Matra, Pasar Minggu, Jakarta Selatan sebagai wujud dari program kerja KKN, yaitu adanya edukasi tentang pola asuh orang tua terhadap anak dan perlunya keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran anak anaknya.Hasil dari kegiatan webinar parenting ini sangat berdampak positif bagi para orang tua murid terutama siswa dari SDI Al-Achfas Dwi Matra, untuk bisa mengatur pola asuh pendampingan seperti apa selama pandemi covid ini, dan juga cara mengenal karakteristik anak dengan baik.  Melalui proses program kegiatan webinar ini diharapkan dapat mendorong suasana yang lebih kondusif untuk meningkatkan sistem pola asuh orang tua yang lebih baik tidak hanya antar civitas akademika, namun juga hubungan yang baik antar perguruan tinggi, dan masyarakat sekitar.


Full Text:

PDF

References


Christenson, S. L., & Sheridan, S. m. (2001). School and families: Creating essential connections for learning. New York: Guilford Press.

Deslandes, R., & Bertrand, R (2005). Motivation of parent involvement in secondary level schooling. The Journal of Educational Research,98(3),164-175.https://doi.org/https://doi.org/10.3200/JOER.98.3.164-175

Deslandes, R., & Cloutier, R. (2000). Engagement parent dansl’accompagnement scolaire et réussite des adolescents à l’école.[Parent involvement in their adosescent’s schooling and success in school]. , 2, 1–21. Bulletin de Psychologie Scolaire et d’Orientation, 2, 1–21.

Henderson, A. T., & Mapp, K. L. (2002). A new wafe of evidence. The impact of school, family, and community connections on student achievement. Annual synthesis. Austin, TX: National Center for Family & Community Connections with School. Southwest Educational Development Laboratory. Retrieved from http://www.sedl.org/connections.

https://www.admjkt.sch.id/sejarah-berdirinya-sekolah/, di akses pada 29 Juli 2021

https://www.google.com/maps/place/SDI+AlAchfas+Dwi+Matra+Jakarta/@6.29483,106.808651,15z/data=!4m5!3m4!1s0x0:0xd6358202e0a0ae1a!8m2!3d6.29483!4d106.808651. Di akses pada 29 juli 2021

Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, M.Si, panduan kuliah kerja nyata, Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, jakarta, 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ