PELATIHAN PEMBUATAN DISINFEKTAN MANDIRI DAN PRAKTIK DISINFEKTASI DALAM RANGKA MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19 DI PANTI ASRAMA CERDAS YATIM DAN DHUAFA “PELOPOR KEPEDULIAN” BEJI KOTA DEPOK

Haris Sanjoyo, Syifa Urrahmah, Muhammad Fairhan Rayhan

Abstract


Covid-19 merupakan suatu penyakit yang dapat tertular akibat dari virus yang berjenis baru. Prevalesi di Indonesia merupakan negara dengan tingkat mortalitas ti COVID-19 nggi di Asia Tenggara, yaitu 7,8% dan tingkat mortalitas COVID-19 deseluruh dunia dapat diperkirakan sebesar 6,9%.Pencegahan penularan COVID-19 , yang salah satunya adalah dengan penyemprotan disinfektan. Cairan disinfektan akan menyebabkan iritasi jika kulit tersebut memiliki alergi ataupun luka, seperti gatal- gatal, kemerahan, dan kulit terkelupas. Dampak akan muncul di permukaan tubuh dan tidak ada dampak yang sistemik dalam tubuh. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi penghuni asrama cerdas yatim dan dhuafa mengenai pentingnya penggunaan disinfektan di masa pandemi seperti ini sekaligus mengimplementasikan cara pembuatan disinfektan secara mandiri. Metode pendekatan yang digunakan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat kali ini adalah dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan terhadap masyarakat penghuni asrama cerdas yatim dan dhuafa pelopor kepedulian tentang pentingnya penggunaan disinfektan dan pembuatan disinfektan secara mandiri. Hasil kegiatan yang diperoleh yaitu penghuni asrama cerdas yatim dan dhuafa bisa menggunakan disinfektan yang telah dipraktikan pembuatannya dalam kegiatan.

 


Full Text:

PDF

References


Zulfikri, A., & Ashar, Y. K. (2020). Dampak Cairan Disinfektan Terhadap Kulit Tim Penyemprot Gugus Tugas Covid-19 Kota Binjai. Menara Medika, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ