PENYULUHAN GIZI “CUKUPI ASUPAN SAYUR DAN BUAH UNTUK POLA MAKAN SEHAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19”

Aditya Syalabi Umar, Alifya Fitri Ananda, Alvira Damayanti, David Kurniawan Putra, Dicky Arya Putra, Fauzan Novanda, Ismiyatun Jariyah, Muhammad Kahlil Gibran, Nanda Yudistiro, Novi Nurul Aini, Renisa Hilda Yulianti, Shinta Marliana, Silvi Wahyuni, Siti Kafidzah

Abstract


Gizi seimbang pada masa pandemi covid-19 sangat penting bagi pola hidup manusia karena dengan mengkonsumsi gizi seimbang maka masyarakat dapat menjaga kesehatan sehingga virus tidak mudah masuk kedalam tubuh dan dengan itu dapat memutuskan rantai penyebaran virus corona. Gizi merupakan hal yang menjadi perhatian penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.Gizi yang terpenuhi dan baik diperlukan agar sel berfungsi optimal. Sistem kekebalan yang “diaktifkan”, dalam hal ini menjadi semakin tinggi asupan energi selama periode infeksi, dengan pengeluaran energi basal yang lebih besar. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan aman dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan resiko penyakit kronis dan penyakit infeksi. WHO telah merekomendasikan menu gizi seimbang ditengah pandemic COVID-19. Artinya, disetiap menu makanan harus mencakup nutrisi lengkap, baik itu makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak, serta mikronutrien dari vitamin dan mineral. Namun, untuk membuat fondasi daya tahan tubuh yang kuat (building block), kita harus fokus pada asupan protein.


Full Text:

PDF

References


Sagala, S. H., Maifita, Y., & Armaita. (2020). Jurnal Menara Medika https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/index JMM 2020 p-ISSN 2622-657X, e-ISSN 2723-6862. Jurnal Menara Medika, 2(2), 119–127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ