PENGEMBANGAN BRAND IMAGE “NASI LENGKO” DAPUR BU IS BEKASI

Jaen Ferry Dhanny Alfaridz, Reena Indriyana, Muhammad Irfan Luthfi, Sokhivah Sokhivah

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang cukup berpengaruh besar bagi perekonomian Indonesia. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini mayoritas sektor ekonomi UMKM menjadi stagnan. Eksesnya mayoritas pelaku UMKM tidak bisa berkembang dan banyak yang berakhir pada kebangkrutan. Hal inilah yang membuat, pelaku usaha UMKM mengubah strategi penjualan melalui skema digitalisasi. Skema digitalisasi yakni dengan memanfaatkan market place (perantara) dan menggunakan media sosial sebagai teknik pemasaran. Selain itu pelaku UMKM digital harus dapat bersinergi dengan warganet dalam pemasaran produk dan jasa. Dengan demikian skema pengembangan UMKM digital dapat menjadi salah satu alternatif menyelamatkan pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19. Pengembangan Brand Image merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat beli dan jual dari suatu usaha, bahwa pengembangan UMKM digital telah menjadi alternatif penyelamatan, Brand Image juga dinilai sebagai pengembangan kewirausahaan digital di Indonesia pada masa pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Harto, D., Pratiwi, SR., Utomo, MN., Rahmawati, M. 2019. Penerapan Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan pada UMKM. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UMP, 3 (1): 39-45.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 2019. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Besar Tahun 2017- 2018. Diakses tanggal 8 Agustus 2020 melalui

http://www.depkop.go.id/dataumkm

Hanoatubun, S. (2020) ‘Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia’, EduPsyCounsJournal, 2, pp. 146–153. Available at: https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/downloa d/423/240/

Sugiarto, Catur. (2019). Pelatihan Branding Sebagai upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Nugget Lele Desa Mojogedang. Jurnal SEMAR Vol. 8 No.2, 2019 hal. 1 – 5.

Oktaviani, Femi. et al. (2018). Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 Agustus 2018, Hal. 348-354.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ