PENYULUHAN LITERASI DAKWAH DIGITAL BAGI KALANGAN MILENIAL MUSLIM

Salshabila Mega Riharsya, Zhafirah Rizqi Aqila, Sinno Sultan Bagaskara, M. Khaerul Muttaqien

Abstract


Dewasa ini, keberadaan media sosial sudah menjadi sebuah kebutuhan. Media sosial tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi dan informasi, melainkan juga sebagai media dakwah. Dakwah melalui media sosial bukan hanya sebagai tren, namun juga gaya hidup di era digital.  Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini mendeskripsikan 1) optimalisasi media digital untuk dakwah, dan tantangan da’i dalam menghadapi era milenial. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini deskriptif kualitatif. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa akun Instagram @pecinta_shalawat24 mengoptimalisasikan penggunaan media sosial sebagai media dakwah melalui beberapa strategi, yaitu: 1) menyebarkan ilmu dan menanamkan kepercayaan kepada masyarakat; 2) membentuk tim khusus untuk mengelola penyebaran dakwah melalui website dan media sosial; 3) membuat website yang berisi tanya jawab seputar permasalahan yang dihadapi masyarakat; 4) mengemas pesan-pesan dakwah dan menyebarluaskannya melalui Instagram. Untuk menghadapi tantangan-tantangan dakwah di era digital, akun Instagram @pecinta_shalawat24 berusaha untuk memasyarakatkan dan melogikan ilmu.


Full Text:

PDF

References


Sultoni, Achmad. Ahmad Munjin Nasih. Lilik Nur Kholidah. (2020). Kajian Konten Media Sosial untuk Penguatan Literasi Dakwah Islam Moderat Guru dan Santri di Pesantren. Jurnal Karinov. 3 (3), 174-180.

Farhan. Muhammad. Yahya. (2019). Dakwah ‘Virtual’ Masyarakat Bermedia Online. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 4 (2), 249-259.

Sari, Linda Purnama. Noviandi. Puspita Chairun Nisa. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Zoom dan Google Meet Sebagai Media Dakwah pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Abdimas. 7 (3), 264-267.

Nikmah, Faridhatun. (2020). Digitalisasi dan Tantangan Dakwah di Era Milenial. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. 2 (1), 45-52.

https://news.nusamandiri.ac.id/index.php/artikel/baca/458/Pemanfaatan-Media-Online-dan-Mobile-Computing-Sebagai-Sarana-Dakwah-Di-Masa-Pandemik-Pada-Mitra-DKM-Jami-Darul-Hikmah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ