PENYULUHAN KESEHATAN PADA MASAPANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM KHUSUSNYA COFFEE SHOP DI JAKARTA SELATAN

Dzulfikar Alfarisy, Gerrina Arrizki Agustin, Hamidah Amani Fitri, Tasya Khairunnisa

Abstract


Bisnis kedai kopi adalah salah satu yang merasakan dilema karena adanya imbauan PSBB hingga PPKM guna menekan angka penyebaran Virus Corona, salah satunya DaiGils Coffee. Jika biasanya kafe atau coffee shop dipenuhi oleh para pengunjung, kini tampak sepi dan hanya terlihat beberapa pegawai serta barista saja yang berjaga. Di beberapa wilayah, sejumlah kedai kopi pun mulai tutup dan tidak melayani pembeli. Namun, ada juga yang masih tetap buka, tapi hanya melayani pemesanan take away dan delivery saja. Di masa pandemi ini tentunya banyak orang yang memilih untuk mengurangi kegiatan di luar rumah serta membatasi interaksi dengan orang lain atau disebut dengan istilah social distancing. Cara ini dipercaya dapat mencegah penyebaran Virus Corona. Namun, di sisi lain, bisnis kopi lokal berusaha keras untuk mempertahankan kelangsungan bisnis mereka di tengah wabah yang melanda. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan penyuluhan mengenai panduan pencegahan penyebaran covid-19 kepada coffee shop sebagai upaya untuk meningkatkan protokol kesehatan di coffee shop. Pemberian panduan ini dilaksanakan dengan membuat poster tentang protokol kesehatan bekerja sama dengan mitra yang nantinya diunggah di Instagram, kemudian kami juga membuat video tentang panduan protokol kesehatan bagi owner, karyawan, dan konsumen coffee shop di masa pandemi ini yang dishare melalui Instagram dan Youtube kelompok KKN. Tak hanya itu kami juga memberikan disinfektan spray dan juga hand sanitizer kepada mitra untuk melengkapi perlengkapan protokol kesehatan coffee shop. Hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bahwa kami berharap setelah penyuluhan ini pihak Coffee Shop sadar akan pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi ini.


Full Text:

PDF

References


Ode Anhusadar, L. et al. (2021) ‘Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Sulistyaningrum, D. and Al Hakim, R. R. (2020) ‘Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19’, ANDASIH Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ