EDUKASI PHBS UNTUK MENCEGAH COVID-19 DI TPA AL-MAKMUR CIPADU JAYA TANGERANG

Annis Rizkhi Suci Amalia, Maulina Nur Faizah, Guntur Rahman Putra, Endang Sulastri

Abstract


COVID-19 menyebabkan penyakit yang menyerang sistem pernapasan pada manusia. Virus ini telah menginfeksi jutaan orang sehingga menyebabkan angka kematian yang tinggi bagi penderitannya di seluruh dunia. Anak-anak termasuk juga anak-anak di TPA Al-Makmur yang  sangat rentan terhadap penularan COVID-19. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada anak-anak di TPA Al-Makmur untuk menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari penularan COVID-19. Kegiatan ini juga diikuti dengan pemberian reward kepada anak-anak. Edukasi dilakukan menggunakan metode kaji tindak dengan pendekatan partisipatif. Materi edukasi yang diberikan kepada anak-anak panti asuhan diantaranya pengenalan COVID-19 dan gejalanya, cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara menerapkan etika batuk, cara physical distancing, serta cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Kegiatan edukasi dilakukan dengan memberikan penyuluhan terhadap PHBS dalam pencegahan COVID-19 dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan demontsrasi. Penyampaian materi juga dilakukan dengan menggunakan Hasil kegiatan menujukkan bahwa edukasi yang diberikan oleh fasilitator dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak di TPA Al-Makmur terhadap perilaku hidup bersih dan sehat dalam pencegahan COVID-19.


Full Text:

PDF

References


Islamiyah, La ode Ahusadar. (2021). Impementasi Perilaku Hidup Bersih dan Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, ISSN: 2549-8959, Volume 5 Nomor 1.

Ummy Mardiana, Korry Novitriani, Dewi Peti Virgianty, Evi Irmayanti. (2020).Upaya Peningkatan Kebiasaan Mencuci Tangan Sebagai Bagian Dari Gerakan 3 M Melalui Donasi Sabun CuciTangan Hasi Produksi Tim Kelompok Pengabdian Masyarakat Stikes BTH Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUPEMAS), Volume 1, No 2.

Fivi Mclva Diana, Falrina Susanti, Asep Irfan. (2014). Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PUBS) Di SD Negeri 001 Tanjung Balaikarimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 8, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ