PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN QURAN (TPQ) AS SULAIMANIYAH MELALUI PENGAJARAN DAN PEMBAGIAN KITAB FIQIH

Uwais Alqorni, Suherman Suherman

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada saat pandemi covid-19 bisa dilakukan secara kelompok langsung di lapangan dengan tetap mematuhi protikol Kesehatan dan bisa secara mandiri daring. Kegiatan ini  diharapkan mahasiswa tetap memiliki urgensi pengabdian sehingga dapat mengembangkan kompetensinya dan interaksi dalam bersosial di masyarakat serta sarana untuk mentransformasikan ilmu diperguruan tinggi ke masyarakat sekitar untuk memecahkan masalah secara komprehensif, lintas sektoral dan pragmatis. Telah dilaksanakan KKN UMJ 2021 yang bermitra dengan TPQ As Sulaimaniyah, Jln. Radjiman Widyodiningrat RT 005/014 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur 13930, yang merupakan wujud pengabdian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) kepada masyarakat dengan kegiatan berbagi kepada masyarakat berupa ilmu dan tenaga bersama mitra. Tujuan dari kegiatan program KKN ini untuk membantu anak-anak TPQ As Sulaimaniyah pada kondisi ditengah pandemi ini. Aktivitas ini adalah bagian dari kegiatan kerja KKN kelompok 82 meliputi program kegiatan fisik atau offline yang secara langsung datang ke TPQ As Sulaimaniyah bertemu pengurus beserta anak-anak TPQ dengan penyuluhan yang berhubungan kebersihan, sosialisasi dan membimbing memahami kitab fiqih. Tindaklanjut kegiatan juga berupa menyerahkan kitab fiqih kepada anak-anak dan pengurus TPQ As Sulaimaniyah.


Full Text:

PDF

References


Buku Panduan lengkap Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta 2021. Tim Penyusun Program KKN UMJ Bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMJ.

Janosik, S.M. (2005) “Hakikat dan Pengertian KKN (kuliah kerja nyata)”, NASPA Journal, 42(4).

Nugroho, H.W. (2011). Sistem Informasi Terintegrasi Alat Tulis Kantor Pada Bank Internasional Indonesia Cabang Lampung. Jurnal Informatika, 11(1).

Ahmad Ulil Albab Al Umar, dkk. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai wujud pengabdian kepada

masyarakat di tengah pandemi covid-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKN

. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 01 (01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ