HIDUP BERSIH DAN AMAN DENGAN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH TANAH ABANG SAWANGAN, DEPOK

Azkiyai Faizin, Ismunandar Ismunandar, Lia Ambarwati, Okta Rosfiani, Cecep Maman Hermawan, Siti Rohmah, Abdul Basit

Abstract


Program kegiatan kepada masyarakat ini merupakan bentuk kerja sama yang dilaksanakan antara dosen dengan mahasiswa. Tujuan program ini adalah untuk membantu masyarakat dalam menyadari pentingnya menjaga kesehatan serta melindungi diri dan orang disekitar mereka dengan mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemic Covid-19. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMJ sub kelompok 1 yaitu dengan memberikan edukasi kesehatan di Panti Asuhan Muhammadiyah di daerah Sawangan Depok, sebagai wujud dari pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan anak-anak dan pengurus panti; membagikan masker dan handsanitaizer serta praktek menggunakan masker dengan baik dan benar; dan melakukan publikasi poster yang ditempel dibeberapa tempat serta melalui media sosial milik KKN UMJ Kelompok 1 yaitu pada laman Instagram dan laman Youtube. Poster yang dipublikasikan melalui media sosial untuk mengedukasikan kepada masyarakat terkait keefektifan penggunaan masker secara double dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Melalui proses program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dapat menimbulkan kesadaran kembali pada anak-anak dan pengurus panti serta masyarakat dilingkungan Panti Asuhan Muhammadiyah untuk peduli terhadap kesehatan dan lingkungannya.


Full Text:

PDF

References


Atmojo, Joko Tri, Sri Iswahyuni, Rejo Rejo, Catur Setyorini, Kiki Puspitasary, Heni Ernawati, Ahmad Rois Syujak, Purwanto Nugroho, Ndaru Sukma Putra, Nurrochim Nurrochim, Wahyudi Wahyudi, Nanang Setyawan, Rinandita Febri Susanti, Suwarto Suwarto, Muhammad Haidar, Wahyudi Wahyudi, Arif Iswahyudi, Muhammad Tofan, Wahyu Adi Bintoro, Anggie Pradana Putri, Saras Kuntari, Rina Tri Handayani, Aquartuti Tri Darmayanti, Aris Widiyanto, and Ahmad Syauki Mubarok. 2020. “Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Dan Penanganan Covid-19: Rasionalitas, Efektivitas, Dan Isu Terkini.” Avicenna : Journal of Health Research 3(2):84–95. doi: 10.36419/avicenna.v3i2.420.

Davies, Peter D. O. 2002. “Multi-Drug Resistant Tuberculosis.” CPD Infection 3(1):9–12.

Putri, Santy Irene. 2020. “Studi Literatur: Efektivitas Penggunaan Masker Kain Dalam Pencegahan Transmisi Covid-19.” Jurnal Kesehatan Manarang 6(khusus):10.

Retno, Yosia. 2020. “Pengaturan Pengelolaan Limbah Medis Covid-19.” 23(02).

Siregar, pinta Pudiyanti, Rosnah Sutan, and Cut Mourisa. 2020. “COVID 19 DAN PENGGUNAAN MASKER MUKA: ANTARA MANFAAT DAN RESIKO Pinta.” Jurnal Implementa Husada 1(3):221–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ