Upaya Pencegahan Covid-19; Pembuatan Tempat Cuci Tangan serta Edukasi Pencegahan Covid-19 dan Pembagian Masker Medis serta Hand Sanitizer

Hanifa Arwanti Lubis, Sukrianto Sukrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengabdian kepada masyarakat. Dampak yang dihadapi  RT 014 RW 010 saat Pandemi salah satu faktornya adalah  termasuk zona kuning ada 10 keluarga dari 35 KK yang positif terkena virus Covid-19. Maka dari itu peneliti membuat Program KKN yaitu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang didalamnnya memiliki dua kegiatan; Pembuatan Tempat cuci tangan serta edukasi pencegahan Covid-19, dan Pembagian Hand Sanitizer kepada warga RT 014 RW 010 Pondok Maharta. Jenis kegitan ini adalah penyuluhan dan bakti sosial. Penelitian ini menggunkn metode observasi dan wawancara. Kegitan ini dilaksanakan dengan menggunakan tahapan yang sudah direncanakan yaitu Pembekalan, Perizinan Mitra, Observasi, Persetujuan Program Kegiatan, Persiapan Program Kegiatan, Pelaksanaan Program Kegiatan, Evalusi, dan Laporan Akhir. Pelaksanaan kegiatan ini sebagian besar dilakukan secara offline dengan mengikuti Protokol Kesehatan. Hasil dari program kegiatan ini pada kegiatan 1 yaitu pembuatan tempat cuci tangan dengan sosialisasi ke warga dan edukasi pencegahan Covid-19 berjalan baik, warga turut berpartisipan dan menunjukkan sikap saling membantu dan menghargai. Namun terdapat kendala dalam pengisian ulang air ke dalam ember. Untuk kegiatan 2 yaitu pembagian masker medis dan hand sanitizer khusus warga RT 014 RW 010 Pondok Maharta yang memiliki UMKM dinilai sangat bermanfat karena waktu habis pakai masker medis dan hand sanitizer yang cukup lamadapat  membantu warga beraktifitas di luar rumah dan bertemu banyak orang setiap hari,


Full Text:

PDF

References


(2021, Juni 29). Pondok Aren, Tangerang Selatan. https://id.wikipedia.org/wiki/Pondok_Aren,_Tangerang_Selatan (1 Agustus 2021)

(2021, Juli 30). Kota Tangerang Selatan. https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tangerang_Selatan (1 Agustus 2021)

(2020, 10 Maret 2020). Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan. https://id.wikipedia.org/wiki/Pondok_Kacang_Timur,_Pondok_Aren,_Tangerang_Selatan (28 Juli 2021)

Pedoman Kuliah Nyata UMJ. https://arsip.umj.ac.id/viewpdf.php?file=admin/files/Pedoman+Kuliah+Kerja+Nyata+UMJ-41263.pdf (25 Juli 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ