Sosialisasi Pendidikan Untuk Anak Usia Dini Kepada Anak-anak TPA Daar El-Sa’adah Desa Kalisuren, Kec. Tajurhalang, Kab. Bogor

Mukti Mukti, AW Sutrisno, DP Aryani, GA Syarif

Abstract


Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Perkembangan pendidikan dimulai sejak bayi lahir. Hasil identifikasi permasalahan yang dihadapi mitra yaitu kurangnya tenaga pengajar yang berada di TPA Daar El-Sa’adah yang terletak di daerah Kalisuren, Tajurhalang, Bogor. Pada permasalahan di atas dibutuhkan tenaga pengajar yang lain untuk membantu proses belajar mengajar supaya berjalan lebih cepat, efektif dan efisien. Metode pelaksanaan yang dilakukan pada program ini adalah membantu mengajar mengaji anak-anak TPA Daar El-Sa’adah baik iqra maupun Al-Qur’an dan memberikan edukasi berupa lomba mewarnai untuk mengasah kreativitas anak-anak serta memberikan sedikit hiburan berupa games.


Full Text:

PDF

References


Nugroho, Anggun Setianingsih Ari Fitriyanto Arif, Asri Fathianhayati, Dewi Kartika Lailatulrohmah Laelatul Azizah Mardona, Rachman Fahrisal, and Robertus Chendry Atmoko Trian Yuni Sarahwati Tyas Wulan Ningrum Vivi Nur Hasanah. 2015. “Laporan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2014/2015 Kelompok 2041” 66.

Septian, Ripal, Ahmad Rofikun Hilia Sekar Aprili, Andika Wahyu Jati Mochammad Rizki R., Muhammad Fahrel Ade Saepul Gani, and Roin Akbar San Alvi Yodia Rizkiaini P. LiaYulia Maulina. 2018. “Laporan Akhir Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Program Pengabdian Kepada Mahasiswa,” no. 180210150092: 1–29.

Taufiq Rohman. 2019. “Tinjauan Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ