Penyuluhan Bahaya Pergaulan Bebas dan Protokol Kesehatan Menghadapi Pandemi Covid – 19

Fazahra Arlia Putri, Putri Nabila, Nida Rousya Khoviyya, Ali Noer Zaman

Abstract


Dalam kegiatan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata kelompok kami menggunakan metode dengan terjun langsung ke lapangan, walaupun pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata yang bertepatan dengan meningkatnya penyebaran Virus Covid-19 namun demikian itu tidak mematahkan semangat kami dalam pelaksanakan program Kuliah kerja Nyata. Program yang kelompok kami jalankan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata yaitu dibidang Penyuluhan bahaya pergaulan bebas dan protokol kesehatan menghadapi pandemi covid 19 , dimana bidang Penyuluhan ini termasuk dalam bidang yang sangat penting dalam membangun masyarakat yang madani. Karena dalam Penyuluhan seminar bahaya pergaulan bebas ini sangat penting diketauhi oleh peran orang tua atau pun peran anak – anak dalam fase menuju remaja yang dimana pada fase pergantian umur ini sangat terkenal dengan mencari jati diri untuk anak – anak yang akan menginjak masa remaja, rasa labil, hawa nafsu dan egois terhadap diri sendiri yang belum bisa terkontrol. Maka dari itu kami ingin anak – anak yang merasakan fase tersebut tau dampak dari pergaulan bebas ini. Dan untuk penyuluhan seminar tentang protokol kesehatan menghadapi pandemic covid 19 ini kelompok kami mengajak kepada anak – anak di pesantren ini agar tidak jenuh dan tetap patuh mematuhi protokol kesehatan, dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungannya serta makan teratur dan istirahat yang cukup. Program Kegiatan pengabdian yang kami lakukan dalam Kuliah Kerja Nyata di Yayasan Pondok Pesantren Uzlifatil Jannah yaitu melakukan beberapa kegiatan seperti Memeberikan materi penjelasan tentang bahaya pergaulan bebas dan penyuluhan seminar tentang protokol kesehatan menghadapi pandemic covid 19, sesi tanya jawab, quiz, dan pembagian hadiah serta pembagian cemilan. Pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata berjalan dengan sangat lancar di karenakan para pengurus Yayasan pesantren ikut serta membantu mentertibkan anak – anak dan juga teman – teman dari kelompok besar juga ikut membantu dalam melancarkan acara ini.


Full Text:

PDF

References


Afandi, A. D. (2014). Panduan Penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Surabaya.

Agung, I. M. (2020). Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi. Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi.

Arifin, M. (2014). Jurnal Simetris. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi.

Cahyorini, S. M. (2020). Journal of.

Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Hidup Sehat Dalam Menghadapi Covid 19 .

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hendrawati, T. Y. (2019/2020). https://lppm.umj.ac.id. Retrieved from kuliah kerja nyata universitas muhammadiyah jakarta.

https://tanggerangkota.bps.go.id. (2020).

Retrieved from https://tanggerangkota.bps.go.id.

Hurlock, E. B. (1995). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rantang Kehidupan . Jakarta: Erlangga.

Kartono, K. (2006). Patologi Sosial II: Kenakalan Remaja. Jakarta: PT.Rajagrafisindo Persada.

RI., B. (n.d.). Kependudukan. Retrieved from https://bps.go.id.

UMJ. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata. Universitas Muhammadiyah Jakarta .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ