PENYULUHAN PENCEGAHAN STUNTING PADA KELOMPOK PENYANDANG MASALAH KESEJAHRATERAAN SOSIAL DI LAPAK ANGGUN JURANG MANGU TIMUR

Nur Kholifah, Rosiyani Rosiyani, Nurlina Aulia Santika, Abdul Rahman

Abstract


Masalah anak pendek (stunting) merupakan salah satu permasalahan gizi yang dihadapi di dunia, khususnya di negara-negara miskin dan berkembang. Stunting menjadi permasalahan karena berhubungan dengan meningkatnya risiko terjadinya kesakitan dan kematian, perkembangan otak suboptimal sehingga perkembangan motorik terlambat dan terhambatnya pertumbuhan mental. Stunting merupakan bentuk kegagalan pertumbuhan (growth faltering) akibat akumulasi ketidakcukupan nutrisi yang berlangsung lama mulai dari kehamilan sampai usia 24 bulan. Kurangnya kesadaran dan pengetahuan ibu tentang pentingnya asupan gizi dan pola pengasuhan yang baik untuk anak juga turut menjadi penyebab timbulnya stunting. Selain itu, terbatasnya akses masyarakat terhadap makanan bergizi, air bersih, sanitasi, dan fasilitas kesehatan menjadi penyebab lain terjadinya stunting. Tujuan program kegiatan penyuluhan stunting di lapak anggun Jurang Mangu Timur untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait stunting sebagai upaya meningkatkan kesadaran kesehatan pada masyarakat dan mengurangi jumlah stunting pada anak di Indonesia. Metode Penyuluhan stunting ini menggunakan metode Emo Demo modul “Menyusun Balok yang menggunakan beberapa media seperti pamflet, balok dan kartu keterangan. Hasil dari kegiatan ini yaitu adanya perubahan pengetahuan ibu-ibu tentang pola pemberian makan melalui Emo-Demo, karena dalam penyampaiannya tidak dilakukan dengan satu arah melainkan dengan alat peraga sehingga tidak dilakukan dengan satu arah melainkan dengan alat peraga sehingga ibu-ibu juga berperan aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Full Text:

PDF

References


Ariati, L. I. P. (2019). Faktor-faktor resiko penyebab terjadinya stunting pada balita usia 23-59 bulan. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 6(1), 28-37.

Aryastami, N. K., & Tarigan, I. (2017). Kajian kebijakan dan penanggulangan masalah gizi stunting di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(4), 233-240.

Nurul Farhanahsyah. (2018). Faktor-faktor yangBerhubungan denga Kejadian Stunting pada Anak Usia 6-23 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pisangan Kota Tangerang Selatan Tahun 2018. Skripsi.

Tentama, F., Delfores, H. D. L., Wicaksono, A. E., & Fatonah, S. F. (2018). Penguatan Keluarga Sebagai Upaya Menekan Angka Stunting Dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (Kkbpk). Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 113


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ