PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERPRILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MASYARAKAT KAMPUNG LEBAK JENGKOL MEKARJAYA

Fitri Anugrah Suci, Farras Sekar Ayu, Shafira Sulistiani, Andiyani Andiyani

Abstract


Hidup sehat adalah hal yang harus diterapkan dikalangan manapun, baik di lingkungan umum dan juga tatanan rumah tangga. PHBS hadir dan berperan sebagai sarana untuk mempermudah masyarakat dalam menerapkan hidup bersih dan sehat. Salah satu faktor yang terjadi dalam PHBS adalah pembungan sampah sembarangan. PHBS juga merupakan salah satu indikator penilaian kinerja pemerintah daerah di kecamatan, kabupaten hingga kota. Indonesia termasuk dalam urutan kedua dalam penghasil sampah laut terbanyak, yang diposisi pertama ditempati oleh engara china.  Metode yang digunakan adalah komunikasi dua arah, antara yang memberi dan juga menerima. Sehingga dapat menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam. Hasil menunjukkan rata-rata pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan 1,59. Setelah dilakukannya penyuluhan didapatkan hasil rata-rata pengetahuan adalah 1,91 dengan ini membuktikan bahwa adanya perbaikan pengetahuan. Hasil uji T dependen didapatkan hasil P Value 0,001 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan dan peningkatan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan.


Full Text:

PDF

References


Azizah, N. (2021). Dampak Dari Sampah Rumah Tangga Mengakibatkan Pencemaran Lingkungan.

Hasibuan, R. (2016). Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah “Advokasi” , 42-52.

Natsir, M. F. (2019). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Desa Parang Baddo. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (Jnik) Lp2m Unhas, 56-59.

Putri, L. D., Soehardi, F., & Atmam. (2022). Peningkatan Kesehatan Lingkungan Rumah Tangga Melalui Phbs, Dagusibu, Gema Cermat Dan Germas. Bisma : Bimbingan Swadaya Masyarakat, 101-107.

Sutoyo, A., Safitri, A., & Mardadi, S. (2020). Upaya Peningkatan Pemahaman Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Terkait Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Masyarakat Desa Leuwisadeng. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 13-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ