PELATIHAN KETERAMPILAN KALIGRAFI DI PANTI ASUHAN WISMA KARYA BAKTI YAYASAN OTO ISKANDAR DINATA

Elfirza Nurul Sakila, Firliandini Khamila Haris, Umdah Umdah, Nanda Sahputa Umara

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa bertujuan untuk memberikan pengaruh positif, aktif, kreatif, melalui kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat. KKN juga memberikan kesempatan yang sangat baik untuk mahasiswa dalam proses belajar dari masyarakat, dalam mengamati dan merespon dinamika yang terjadi dimasyarakat. Kegiatan ini merupakan kegiatan pelatihan keterampilan seni kaligrafi kepada mitra yang merupakan anak-anak panti jenjang Sekolah Menengah Pertama yang dilaksanan di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti Yayasan Oto Iskandar Dinata. Kegiatan pelatihan keterampilan kaligrafi ini dilaksanakan karena atas persetujuan mitra yang memang merupakan salah satu persoalannya, karena belum adanya kegiatan ini, sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan serta mempraktikkannya secara langsung kepada anak-anak, sehingga dapat memberikan pemahaman baru serta keterampilan dasar dari seni kaligrafi. Anak-anak diberikan pengetahuan tentang pengertian dari kaligrafi, sejarah singkat kaligrafi, pengenalan jeni-jenis atau khat-khat kaligrafi, serta manfaat kaligrafi, selanjutnya mereka mempraktikkan dengan menggunakan teknik dua pensil yang keduanya diikat menjadi satu, dengan yang kanan lebih tinggi daripada yang kiri, belajar menggunakan pensil dengan baik dan benar sehinga terlihat ketebalan dan ketipisan dari setiap huruf hijaiyah, tahap akhirnya anak-anak mampu menulis huruf hijaiyah dengan baik dari alif sampai ya sesuai dengan seni kaligrafi jenis khat naski yang sudah diberikan contoh selama pelatihan berlangsung. Dalam mempelajari seni kaligrafi dibutuhkan ketelitian, kesabaran serta ketekunan, sehingga dapat menghasilkan huruf-huruf yang indah.


Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. (2016). Pelatihan Kaligrafi Terhadap Tingkat Stress Narapidana. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 13(1), 39. https://doi.org/10.18860/psi.v13i1.6408

Gusmian, I. (2018). Kaligrafi Islam: Dari Nalar Seni hingga Simbolisme Spiritual. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 41(1), 108–132. https://doi.org/10.14421/ajis.2003.411.108-132

Hanafi, H.-, Ariesta, O., & Maulana, I. (2020). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam Di Pesantren Thawalib Gunuang. Batoboh, 5(2), 113. https://doi.org/10.26887/bt.v5i2.1297

MS, A. (2018). Pendidikan Seni Dalam Islam. Ittihad, 2, 218–224.

Rispul. (2012). Kaligrafi Arab Sebagai Karya Seni. TSAQAFA, Jurnal Kajian Seni Budaya Islam Vol., 1(1), 9–18. http://eprints.uad.ac.id/1486/3/02-tsaqafa-Rispul-kaligrafi-arab-sebagai-seni.pdf

Ummah, A. R., Pendidikan, J., Islam, A., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2019). NILAI NILAI EDUKASI DALAM MENULIS KALIGRAFI ARAB Penelitian di Lembaga Kaligrafi Al- Qur ’ an ( LEMKA ) Ciputat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ