PELATIHAN KETERAMPILAN KALIGRAFI DI PANTI ASUHAN WISMA KARYA BAKTI YAYASAN OTO ISKANDAR DINATA

Penulis

  • Elfirza Nurul Sakila Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Firliandini Khamila Haris Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Umdah Umdah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nanda Sahputa Umara Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa bertujuan untuk memberikan pengaruh positif, aktif, kreatif, melalui kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat. KKN juga memberikan kesempatan yang sangat baik untuk mahasiswa dalam proses belajar dari masyarakat, dalam mengamati dan merespon dinamika yang terjadi dimasyarakat. Kegiatan ini merupakan kegiatan pelatihan keterampilan seni kaligrafi kepada mitra yang merupakan anak-anak panti jenjang Sekolah Menengah Pertama yang dilaksanan di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti Yayasan Oto Iskandar Dinata. Kegiatan pelatihan keterampilan kaligrafi ini dilaksanakan karena atas persetujuan mitra yang memang merupakan salah satu persoalannya, karena belum adanya kegiatan ini, sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan serta mempraktikkannya secara langsung kepada anak-anak, sehingga dapat memberikan pemahaman baru serta keterampilan dasar dari seni kaligrafi. Anak-anak diberikan pengetahuan tentang pengertian dari kaligrafi, sejarah singkat kaligrafi, pengenalan jeni-jenis atau khat-khat kaligrafi, serta manfaat kaligrafi, selanjutnya mereka mempraktikkan dengan menggunakan teknik dua pensil yang keduanya diikat menjadi satu, dengan yang kanan lebih tinggi daripada yang kiri, belajar menggunakan pensil dengan baik dan benar sehinga terlihat ketebalan dan ketipisan dari setiap huruf hijaiyah, tahap akhirnya anak-anak mampu menulis huruf hijaiyah dengan baik dari alif sampai ya sesuai dengan seni kaligrafi jenis khat naski yang sudah diberikan contoh selama pelatihan berlangsung. Dalam mempelajari seni kaligrafi dibutuhkan ketelitian, kesabaran serta ketekunan, sehingga dapat menghasilkan huruf-huruf yang indah.

Biografi Penulis

Elfirza Nurul Sakila, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Firliandini Khamila Haris, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Umdah Umdah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nanda Sahputa Umara, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Gunawan, I. (2016). Pelatihan Kaligrafi Terhadap Tingkat Stress Narapidana. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 13(1), 39. https://doi.org/10.18860/psi.v13i1.6408

Gusmian, I. (2018). Kaligrafi Islam: Dari Nalar Seni hingga Simbolisme Spiritual. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 41(1), 108–132. https://doi.org/10.14421/ajis.2003.411.108-132

Hanafi, H.-, Ariesta, O., & Maulana, I. (2020). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam Di Pesantren Thawalib Gunuang. Batoboh, 5(2), 113. https://doi.org/10.26887/bt.v5i2.1297

MS, A. (2018). Pendidikan Seni Dalam Islam. Ittihad, 2, 218–224.

Rispul. (2012). Kaligrafi Arab Sebagai Karya Seni. TSAQAFA, Jurnal Kajian Seni Budaya Islam Vol., 1(1), 9–18. http://eprints.uad.ac.id/1486/3/02-tsaqafa-Rispul-kaligrafi-arab-sebagai-seni.pdf

Ummah, A. R., Pendidikan, J., Islam, A., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2019). NILAI NILAI EDUKASI DALAM MENULIS KALIGRAFI ARAB Penelitian di Lembaga Kaligrafi Al- Qur ’ an ( LEMKA ) Ciputat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-26

Terbitan

Bagian

Articles