PENGEMBANGAN KUALITAS LINGKUNGAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KEMASYARAKATAN

Wiwit Sulistiono, Muhamad Fiqri Awaludin, Reza Nurhasan, Adib Abdul Aziz, Muchamad Fajar Arrasyid, Muhammad Khoirul Anwar

Abstract


Kalangan Ibu Rumah tangga menganggap bahwa menanam tanaman menggunakan Pupuk Organik Cair yang mereka buat sendiri tanpa didasari pengetahuan sebelumnya dan menerapkannya kepada tanaman mereka membuat reaksi Pupuk Organik Cair tersebut tidak maksimal. Sehingga kami dari Tim KKN Kelompok 57 memberikan sosialisasi mengenai pembuatan dan pengaplikasian yang benar dari Pupuk Organik Cair, kami berbagi informasi dengan inovasi memanfaatkan alat dan bahan-bahan yang mudah didapat terutama hasil dari limbah organik industri rumah tangga dan dengan itu juga kita dan masyarakat sekitar dapat mengurangi sampah serta polusi yang ada dibumi sehingga dapat mengurangi global warming.


Full Text:

PDF

References


Hadisuwito, S. (2012). Membuat Pupuk Organk Cair . Jakarta Selatan: PT AgroMedia Pustaka.

Herlisa, S.ST, E. (2019). Cara membuat Pupuk Organik Cair dari Sampah / Limbah Rumah Tangga. Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas.

Nur , T., Noor, A. R., & Elma, M. (2016). Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Sampah Organik Rumah Tangga dengan Penambahb Bioaktivator EM (Effective Microorganisms). Konversi, Volume 5, 2.

Purnomo , Jumadi, Hendrayana, & Fuazi, A. (2015). Buku Saku untuk Petani Sehat Membuat Pupuk Organik Cair (POC). Bogor: Yayasan Negeri Ternak Indonesia .

T. Panjaitan, S. T., R. Siahaan, F., Lumbanraja, P., Nainggolan, H. L., & Tindaon, F. (2022). Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Rumah Tangga Untuk Tanaman di Pekarangan Rumah . Volume 5 (2), 530-539.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ