PENYULUHAN TENTANG DAKWAH DALAM PERIKLANAN DI MASJID AL-HUDA KALIANYAR RT 009 RW 003 KECAMATAN TAMBORA, JAKARTA

Khoiruddin Maulana Siddiq, Dissa Nur Adilla, Mohamad Rifky Rachmadillah, Mochamad Kurnia Pratama, Ahmad Muslihin, Fatma Sari

Abstract


Dakwah merupakan ajakan berupa gerakan yang perlu dikembangkan agar diminati oleh masyarakat luas. Hal ini merupakan bagian dari periklanan yang telah menjadi dasar pedoman untuk melakukan pengembangan gerakan-gerakan kreatif yang dapat diminati oleh masyarakat. Ajakan-ajakan eksperiental yang mengajak khalayak untuk berpartisipasi dipertimbangkan berdasarkan sebaran dan segmentasi khalayak sasaran. Dengan membuat sudut pandang baru bahwa berdakwah itu sama seperti beriklan, lembaga yang mempunyai kewajiban besar dalam pergerakan dakwah seperti majelis tabligh terbuka dan kreatif dalam melakukan program, dengan pembagian segmentasi yang tepat, membuat pesan dakwah yang ingin disampaikan dapat diterima oleh khalayak yang diharapkan menghasilkan umpan balik yang positif. Ceramah sebagai salah satu pengembangan kompetensi sumber daya manusia, merupakan cara yang paling umum dilakukan khususnya di masyarakat kelas menengah ke bawah. Pada dasarnya, segala kegiatan dakwah adalah kegiatan periklanan yang ditunjukkan untuk melayani masyarakat secara umum.


Full Text:

PDF

References


Astitiani, K. R. (2021). PENGARUH IKLAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL. E-Jurnal Manajemen, 196-197.

Fitryarini, I. (2009). Iklan dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan oleh Iklan di televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 125-126.

Kamili, S. M. (2022). Hukum Iklan : Sebuah Tinjauan Syari’ah. https://almanhaj.or.id/2637-hukum-iklan-sebuah-tinjauan-syariah.html.

Kirnandita, P. (2020). 8 Iklan Lokal dengan Isu Peran Gender dan Kecantikan yang Berbeda. https://magdalene.co/story/8-iklan-lokal-dengan-isu-peran-gender-dan-kecantikan-yang-berbeda.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2015). TANFIDZ KEPUTUSAN MUKTAMAR MUHAMMADIYAH KE-47. September: Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Rodgers, S., & Thorson, E. (2019). Advertising Theory. New York: Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ