PENYULUHAN TENTANG DAKWAH DALAM PERIKLANAN DI MASJID AL-HUDA KALIANYAR RT 009 RW 003 KECAMATAN TAMBORA, JAKARTA

Authors

  • Khoiruddin Maulana Siddiq Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dissa Nur Adilla Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mohamad Rifky Rachmadillah Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mochamad Kurnia Pratama Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Muslihin Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fatma Sari Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Dakwah merupakan ajakan berupa gerakan yang perlu dikembangkan agar diminati oleh masyarakat luas. Hal ini merupakan bagian dari periklanan yang telah menjadi dasar pedoman untuk melakukan pengembangan gerakan-gerakan kreatif yang dapat diminati oleh masyarakat. Ajakan-ajakan eksperiental yang mengajak khalayak untuk berpartisipasi dipertimbangkan berdasarkan sebaran dan segmentasi khalayak sasaran. Dengan membuat sudut pandang baru bahwa berdakwah itu sama seperti beriklan, lembaga yang mempunyai kewajiban besar dalam pergerakan dakwah seperti majelis tabligh terbuka dan kreatif dalam melakukan program, dengan pembagian segmentasi yang tepat, membuat pesan dakwah yang ingin disampaikan dapat diterima oleh khalayak yang diharapkan menghasilkan umpan balik yang positif. Ceramah sebagai salah satu pengembangan kompetensi sumber daya manusia, merupakan cara yang paling umum dilakukan khususnya di masyarakat kelas menengah ke bawah. Pada dasarnya, segala kegiatan dakwah adalah kegiatan periklanan yang ditunjukkan untuk melayani masyarakat secara umum.

Author Biographies

Khoiruddin Maulana Siddiq, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dissa Nur Adilla, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mohamad Rifky Rachmadillah, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mochamad Kurnia Pratama, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ahmad Muslihin, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fatma Sari, Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Astitiani, K. R. (2021). PENGARUH IKLAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL. E-Jurnal Manajemen, 196-197.

Fitryarini, I. (2009). Iklan dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan oleh Iklan di televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 125-126.

Kamili, S. M. (2022). Hukum Iklan : Sebuah Tinjauan Syari’ah. https://almanhaj.or.id/2637-hukum-iklan-sebuah-tinjauan-syariah.html.

Kirnandita, P. (2020). 8 Iklan Lokal dengan Isu Peran Gender dan Kecantikan yang Berbeda. https://magdalene.co/story/8-iklan-lokal-dengan-isu-peran-gender-dan-kecantikan-yang-berbeda.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2015). TANFIDZ KEPUTUSAN MUKTAMAR MUHAMMADIYAH KE-47. September: Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Rodgers, S., & Thorson, E. (2019). Advertising Theory. New York: Routledge.

Downloads

Published

2022-10-26