EDUKASI TENTANG KENAKALAN REMAJA DI SMP ISLAM PLUS AS-SA’ADATAIN, GANDUL, CINERE, KOTA DEPOK

Dhea Aqshalnawitri, Fahira Irba Yaumi, Ismaabro Ismaabro, Nabeel Putra Hartadi, Bambang Sudiarto

Abstract


Masa remaja sering dikenal dengan istilah masa pemberontakan. Pada masa-masa ini, seorang anak yang baru mengalami pubertas seringkali menampilkan beragam gejolak emosi, menarik diri dari keluarga, serta mengalami banyak masalah, baik di rumah, sekolah, atau di lingkungan pertemanannya. Banyak anak remaja dan anak dibawah umur sudah mengenal rokok, narkoba, free sex, tawuran, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat dan berurusan dengan hukum. Metode pelaksanaan program KKN ini yaitu penyuluhan. Program yang dilaksanakan yaitu Edukasi tentang Kenakalan Remaja di SMP Islam Plus As-Sa’adatain, Gandul, Cinere, Kota Depok. Program ini dilaksanakan secara langsung terjun ke sekolah dengan cara memberikan materi mendasar mengenai kenakalan remaja dan dampak dari kenakalan remaja itu snediri. Sasaran dari kegiatan ini yaitu sebanyak 60 siswa/siswi SMP Islam Plus As-Sa’adatain, Gandul, Cinere, Kota Depok. Output yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu bertambahnya pengetahuan siswa/siswi tentang kenakalan remaja dan kami berharap anak-anak remaja selalu berhati-hati dalam memilih pergaulan dan menghindari kegiatan-kegiatan negatif.


Full Text:

PDF

References


Anon. n.d. “KPAI: 202 Anak Tawuran Dalam Dua Tahun | Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).” Retrieved August 15, 2022a (https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-202-anak-tawuran-dalam-dua-tahun).

Karlina, Lilis. 2020. “FENOMENA TERJADINYA KENAKALAN REMAJA.” JURNAL EDUKASI NONFORMAL 1(1):147–58.

Pohan, Zulfikar Abbas. Siregar, Mhd Fuad Zaini. dkk. 2022. “Strategi Masyarakat Menghadapi Perilaku Buruk Remaja.” Khazanah : Journal of Islamic Studies 1:1–15.

“PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA REMAJA SEBAGAI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA | Shidiq | Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.” http://journal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/18369/8728 (August 18, 2022).

SUMARA, DADAN SUMARA, SAHADI HUMAEDI, and MEILANNY BUDIARTI SANTOSO. 2017. “KENAKALAN REMAJA DAN PENANGANANNYA.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4(2): 129–389. http://journal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/14393 (August 18, 2022).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ