Penerapan T2KT dan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Guru pada SMAN 2 Gedong Tataan
Abstract
Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 2 Gedong tataan merupakan sekolah 3 T (Terdepan Terluar Tertinggal) namun juga sekolah yang terus bergerak maju karena lokasi berjarak 10 Km dari kota Bandar Lampung. Sekolah ini memiliki 24 Guru Pegawai Negeri Sipil, 1 Guru P3K, dan 8 Guru Honor total 33 Guru aktif mengajar. Dari data tersebut terdapat 19 guru yang layak naik jenjang dan golongan. Sekolah memiliki urgensi permasalahan yang harus diselesaikan yaitu: 1) minimnya pengetahuan penggunaan media belajar dengan bantuan teknologi, sebagai variable pengajaran dan KTI, 2) kendala proses pembuatan KTI dan 3) Guru sulit adaptasi Teknologi dalam transfer knowledge. Dari permasalahan tersebut beberapa solusi telah ditentukan diantaranya: 1) memberikan pengenalan, pelatihan dan pendampingan media berbasis teknologi, 2) Pelatihan penulisan KTI - Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 3) Penerapan: Temukan, Tulis, Konsultasikan, dan Terbitkan (T2KT) sebagai wadah guru mengonsultasikan karyanya, dan 4) memfasilitasi guru mengikuti seminar Nasional ber-ISBN. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan dan evaluasi yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa implementasi T2KT diperoleh 100% meningkatkan pengetahuan guru-guru sekolah dalam penelitian tindakan kelas dan media pembelajaran. Untuk hasil publikasi karya para guru, akan terus ditingkatkan hingga 50% publish. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan media pembelajaran telah mengalami signifikansi sebasar 85% pengetahuan dan pemahaman. Metode pendekatan dalam pengabdian yaitu; institusional, diskusi, partisipatif, dan pemberian workshop/pelatihan mengenai pembuatan karya tulis ilmiah berbasis teknologi.
Full Text:
PDFReferences
Kementrian Sekretariat Negara. Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005, No. 1. Setneg; 2005.
Kemendikbud. Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 Pasal 1 Ayat 2 Tentang Sertifikasi Bagi Guru dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan Tahun 2005. Kemendikbud; 2017.
Latiana L. Peran Sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalisme pendidik. Edukasi. 2019 May 20;13(1).
Kemdikbud.go.id. Kesimpulan dan Refleksi Pribadi Modul PGP 1.1. Refleksi Filosofi Pendidikan KHD. [Internet]. Kemdikbud; 2023. Available from: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/kesimpulan-dan-refleksi-pemikiran-pemikiran-ki-hajar-dewantara/
Ekosusilo, M. KTI Pengembangan Profesi Guru. In WORKSHOP Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.November. 2014.
Mandasari B, Aminatun D, Pustika R, Setiawansyah S, Megawaty DA, Ahmad I, Alita D. Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa-Siswi Sma/Ma/Smk Di Desa Purworejo Lampung Tengah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022 Apr 5;3(1):332-8.
Sulistiyawati A. Application of the Flipped Classroom Model to improving Students' Active Role in Distance Learning. In The 1st International Conference on Language Linguistic Literature and Education (ICLLLE) 2021 Aug 16.
Aminatun D, Oktaviani L. Using “Memrise” to Boost English For Business Vocabulary Mastery: Students’ viewpoint. Proceedings Universitas Pamulang. 2019;1(1).
Nisa WA, Damayanti D, Sulistyawati A. Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbasis Komputer Pada SMAN 2 Negeri Katon. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. 2023 Mar 3;4(1):49-53.
Sugiyanto B, Erviana Y. Pengembangan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Model Merdeka-Belajar Berorientasi Kearifan Lokal Untuk Mahasiswa Calon Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 2022 Dec 12;10(2).
Solviana MD. Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. 2020;1(1):1–14.
Hidayat N, Khotimah H. Pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda). 2019 Mar 11;2(1):10-5.
Mambu JG, Pitra DH, Ilmi AR, Nugroho W, Leuwol NV, Saputra AM. Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru Di Era Digital. Journal On Education. 2023 Jun 9;6(1):2689-98.
Puspitasari I, Kurniawan AB, Mariyam S, Rukmana NA. Artificial Intelligence Dalam Penulisan Artikel Ilmiah. PROSIDING.:1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================